Tampung Aspirasi Generasi Millenial, Jadi Rajagukguk Diskusi dengan Mahasiswa
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 26-01-2019 | 13:40 WIB
jadi-millenial2222222222222222.jpg
Jadi Rajagukguk. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Kepri, Daerah Pemilihan (Dapil) 4, dari Partai PDI Perjuangan, Jadi Rajagukguk mengajak para mahasiswa dalam diskusi yang bertajuk Obrolan Millenial barang Bang Jadi, yang diadakan di Chemsitree Cafe, Sabtu (26/1/2019).

Sepanjang diskusi ini berlangsung, para mahasiswa yang mengikuti kegiatan terlihat antusias dalam menyampaikan opini mereka, terkait kinerja dan juga fungsi dari para anggota DPRD Kota dan Provinsi yang saat ini menjabat.

Salah satunya adalah Iqbal mahasiswa dari Universitas Riau Kepulauan (Unrika), dimana ia menyampaikan bahwa selaku pemuda ia merasa kecewa bahwa saat ini masih banyak anggota DPRD yang tidak menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat.

"Tapi sebenarnya saya takut untuk menyampaikan kritikan seperti ini, karena hukum yang ada saat ini. Saya rasa kurang berpihak terhadap masyarakat kecil, yang ingin menyuarakan kebenaran terkait fungsi mereka," ujarnya di depan Jadi Rajagukguk.

Menanggapi hal ini, Jadi mengapresiasi keberanian Iqbal dalam menyampaikan pendapatnya di depan umum. Menurutnya adanya fenomena saat ini memang sangat kurang bersahabat, bagi para kaum millenial yang datang dari kalangan aktifis Universitas. Hal ini tentunya akan menghambat sistem berdemokrasi di kalangan pemuda.

"Ini adalah Negara yang mengusung Demokrasi, kritik terhadap fenomena sosial dan politik yang disuarakan para pemuda adalah hal yang wajar, selama memang dibarengi dengan fakta dan bukan hoax. Karena apa yang ada saat ini dan apa yang kita nikmati sekarang ini, itu semua adalah produk politik," ungkapnya.

Selaku calon legislator, Jadi juga menambahkan bahwa saat ini ia juga sangat mengapresiasi langkah - langkah yang selalu disuarakan oleh Forum Mahasiswa Se - Batam. Dimana selama menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam, pihaknya selalu bekerjasama dalam pelaksanaan berbagai diskusi yang menyangkut fenomena politik dan kebijakan Pemerintah Pusat di Kota Batam.

"Forum mahasiswa sendiri juga merupakan jembatan bagi saya, dalam berkomunikasi dengan para pemuda ini, mereka selalu penuh dengan ide dan kritikan yang menyangkut tentang kebijakan Pemerintah Pusat mengenai apa yang terbaik bagi perkembangan ekonomi di Kota Batam," paparnya.

Namun, ia juga menyampaikan usulan agar Forum Mahasiswa ini juga dapat menyampaikan usulan bagi pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), bagi tingkatan mahasiswa Kepulauan Riau. Selain sebagai ajang sillahturahmi bagi para mahasiswa, ajang ini juga dapat dijadikan sebagai cikal bakal pergerakan dan juga dalam bertukar pikiran mengenai ide berdemokrasi yang baik di kalangan mahasiswa.

Editor: Yudha