Inilah Kerusakan Fatal Jembatan II Akibat Hantaman Kapal Sore Tadi
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 23-01-2019 | 19:04 WIB
tabrakan-kapal.jpg
Posisi kapal yang berada di bawah Jembatan II Barelang. (foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peristiwa kapal semi tangker Eastern Glory yang terbawa kuatnya arus laut serta angin kencang, menyebabkan kerusakan cukup fatal pada pile cap dan box girder jembatan.

Pile cap merupakan elemen struktur yang berfungsi untuk menyebarkan beban dari kolom ke tiang-tiang jembatan. Sementara box girder merupakan struktur atas jembatan terdiri dari balok-balok penopang utama yang berbentuk kotak berongga. Biasanya terdiri dari elemen beton pratekan, baja structural, atau komposit baja dan beton bertulang.

"Sejauh ini kerugian yang ditimbulkan berupa pile cap yang terdapat di lima titik jembatan, dan juga box girdernya," ujar Kasubdit Pembangunan Jalan Jembatan BP Batam, Boy Zasmita, Rabu (23/1/2019).

Selain itu, pihaknya juga menduga masih ada kerusakan lainnya yang diakibatkan hantaman kapal Eastern Glory tersebut.

"Visual yang tertangkap sejauh ini baru sebatas pile cap dan box girder, belum tau yang lainnya. Mungkin di bagian bawah jembatan masih ada," lanjutnya.

Masih Boy, pihaknya juga ingin agent pemilik kapal memperbaiki atau mengganti kerugian jembatan. "Kita akan lakukan pengecekan secara keseluruhan bersama Kementrian PU. Intinya kita minta ganti rugi ke pihak pemilik kapal akan kejadian ini," tambahnya.

Boy juga melanjutkan, untuk sementara waktu akses jalan di lokasi kejadian akan ditutup terlebih dahulu hingga proses perbaikan selesai.

"Akan kita kasih tanda penutup agar tidak ada warga sementara waktu melintasi lokasi, dan akses jalan hanya akan di buka satu arah hingga perbaikan selesai," pungkasnya.

Editor: Chandra