Serentak se-Indonesia

Sukseskan Pemilu, Besok 571 Tahanan Rutan Batam Mulai Cetak KTP Elektronik
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 16-01-2019 | 15:52 WIB
rutan-batam1.jpg
Rumah Tahanan Kelas II A Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Demi kesuksesan pesta demokrasi 2019, pihak Rumah Tahanan (Rutan) kelas II A Batam bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam akan melakukan perekaman dan percetakan KTP Elektronik narapidana penghuni rutan.

Kepala Rutan Klas II A Batam, Robinson Peranginangin menuturkan, hal ini merupakan arahan langsung dari Dirjen Pas Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami saat menyambangi Lapas Kelas IIA Batam, Sabtu (12/1/2019) kemarin.

"Saat itu Dirjen Pas mengatakan bahwa semua tahanan atau narapidana harus wajib memiliki identitas. Namun akan masih kita sortir satu persatu," ujar Robinson, Rabu (16/1/2018).

Untuk percepatan pencetakan dan perekaman KTP-el, Robinson mengatakan pihak Disduk Capil Batam akan melihat fasilitas rutan dengan kemungkinan nantinya akan disediakan 2 alat perekam dengan hasil langsung jadi.

Begitu juga dengan TPS, Robinson menyampaikan kemungkinan nantinya akan ada TPS di area Rutan, tetapi untuk total berapa jumlah TPS yang akan disediakan, belum bisa dipastikan.

Namun dengan jumlah tahanan Rutan yang ada sebanyak ini 985 orang, dimana terdapat WNA sebanyak 40 orang dan tahanan serta napi yang akan ikut merekam ada sebanyak 571 orang dari data yang telah disortir. Robinson berharap bahwa ada 2 atau 3 TPS ditempatkan Rutan Kelas IIA Batam nantinya.

"Iya pasti ada TPS di sini dan kemungkinan pasti ada 1 TPS. Kita juga tak tahu bahwa ada penambahan nantinya, semoga saja" pungkasnya.

Editor: Yudha