Dirjen Pas Pastikan Tersedianya TPS di Setiap Lapas dan Rutan Seluruh Indonesia
Oleh : Hendra
Rabu | 16-01-2019 | 11:16 WIB
saksikan-e-ktp.jpg
Dirjen Pas, Sri Puguh Utami saat menyaksikan perekaman e-KTP di Lapas Kelas IIA Barelang, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi atau Pemilu dahun ini, Dirjen Pas Kemenkumham bersama Dirjen Dukcapil dan Komisi Pemilihan Umum mulai gencarkan percepatan perekaman KTP-el di Lapas seluruh Indonesia, khususnya di Lapas klas II A Batam dan Rutan Batam.

Pada kesempatannya tersebut, saat kedatangannya ke Batam, Sabtu (12/01/2019) kemarin. Direktor Jendral Pemasyarakan (Dirjen Pas) Kemenkumham, Sri Puguh Utami memastikan bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan tersedia di setiap Lapas dan Rutan se-Indonesia.

"Seluruh Lapas dan Rutan akan disediakan TPS khusus untuk memfasilitasi terpenuhinya hak pilih tahanan dan narapidana," ungkap Sri Puguh Utami saat itu di Lapas Kelas IIA Batam, Sabtu (12/01/2019) kemarin melalui Kabaghumas Dirjen Kemenkumham, Adek Kusmanto.

Adek menyatakan, pernyataan Dirjen Pas yang sering dipanggil Utami ini juga merupakan tindak lanjut perihal berita running text yang beredar tentang tidak tersedianya TPS khusus di Lapas dan Rutan se-Indonesia.

Karena hal itu, dia pun berkoordinasi langsung dengan Komisioner KPU RI, Varyan, yang pada hari yang sama menyelenggarakan simulasi perekaman e-KTP di Lapas Batam.

"Kami akan terus berkoordinasi untuk menjamin terselenggaranya hak pilih narapidana dan tahanan, termasuk tersedinya TPS khusus di seluruh Lapas dan Rutan," ujar Utami.

Masih Utami, sedangkan untuk Lapas atau Rutan dengan jumlah pemilih yang sedikit akan bergabung dengan TPS terdekat di luar Lapas dan Rutan tersebut. "Intinya kami akan memfasilitasi secara maksimal, segala upaya agar tahanan dan narapidana yang telah memenuhi syarat, tersalurkan suaranya pada Pemilu tahun ini," pungkas Utami.

Editor: Gokli