Disduk Batam Diminta Segera Kelarkan Pencetakan KTP-el di Lapas dan Rutan
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 15-01-2019 | 13:16 WIB
penyerahan-KTP-el1.jpg
Dirjen Dukcapil Prof Dr Zudan Fatrullah saat berkunjung ke Lapas Barelang bersama Dirjenpas, Sri Puguh Budi Utami. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemilu semakin dekat depan mata. Segala persiapan telah dilakukan sesempurna mungkin. Kendati begitu, demi terselenggaranya pemilu yang sukses dan adil diperlukan kerja sama yang baik antar setiap instansi.

Hal ini yang menjadi pertimbangan Dirjen Dukcapil dan Dirjenpas bersama Disduk Kota Batam untuk gencarkan percepatan perekaman KTP-el di setiap lapas seluruh Indonesia, khususnya di Lapas Klas II A Batam dan Rutan Batam.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Prof Dr Zudan Fatrullah saat berkunjung ke Lapas Barelang bersama Dirjenpas, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, bahwa dalam proses ini tak hanya dilakukan oleh KPU dan Bawaslu, hal ini juga harus berkaloborasi dengan pihak lainnya.

Jadi dalam rangka Pileg dan Pilpres ini, Zudan mengatakan sudah seharusnya terjalin kerja sama sehingga kita terlayani hal ini sampai selesai.

"Kita sebagai pemerintahan hadir sama-sama untuk memberikan kemudahan," ujarnya, Sabtu (12/1/2019) kemarin.

Zudan juga minta kepada pihak yang bertugas untuk melakukan penataan data sebaik mungkin terhadap para penghuni tahanan yang belum merekam KTP-el, dan secepatnya dimasukkan ke dalam sistim.

"Yang sudah punya KTP-el tak perlu sidik jari lagi, cukup tinggal cetak saja," ujarnya lagi sembari memberikan KTP-el yang sudah selesai dicetak kepada penghuni lapas saat itu.

Masih Zudan, telah ada sekitaran 254 ribu lebih yang sudah terdata dengan baik. Namun tetap kolaborasi dengan Dirjen Pas dan Dirjen Capil harus tetap terlaksana untuk menyelesaikan pendataan perekaman dan pencetakan di seluruh lapas dan Batam. "Kalau 3 hari belum selesai, akan ditambah sekali lagi di bulan April mendatang ini," jelasnya.

Ketika ditanya mengenai berapa jumlah warga binaan, Zudan mengatakan, jika di lembaga ini dinamis. Karna ada yang keluar masuk ke lembaga. Pada prinsipnya semua orang harus punya identitas. Kendati begitu, Zudan berharap kepada semua pihak terkait dan masyarakat agar berperan aktif.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Batam Said Khaidar mengatakan, kalau untuk perekaman KTP-el bukan kali saja, tetapi sudah sering.

Oleh karena itu, selaras dengan arahan Dirjen Capil, perekaman dan pencetakan KTP-el di Lapas dan Rutan Batam akan dilakukan secara serentak pada tanggal 17 hingga 19 Januari mendatang di setiap lapas.

"Sesuai dengan apa yang dilakukan di seluruh Indonesia," ujarnya.

Saat ditanya mengenai berapa jumlah atau data warga Lapas dan Rutan yang belum terekam, Said menuturkan, hal ini akan didata terlebih dahulu, karna ada tahanan dan napi yang keluar dan juga masuk lapas.

"Namun yang jelas perekaman dan pencetakan KTP-el ini akan langsung siap cetak pada hari itu juga," pungkasnya.

Editor: Yudha