Ketua PN Batam Sebut Percobaan Kabur Tahanan Sepenuhnya Kelalaian Pengawalan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 08-01-2019 | 13:40 WIB
pn-batam11.jpg
Kantor Pengadilan Negeri Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam, Syahlan minta para pengawal tahanan di PN Batam meningkatkan kinerja kerja. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian percobaan melarikan diri tahanan tidak terulang kembali.

Hal ini disampikannya ketika dihubungi BATAMTODAY.COM melalui telepon selulernya, Selasa (8/1/2018).

Syahlan mengatakan bahwa segala infrastruktur, ruang sel tahanan dan ruang besuk di PN Batam sudah sesuai dengan SOP, dia menegaskan kejadian percobaan melarikan diri salah seorang terdakwa narkotika adalah bentuk kelalaian petugas penjagaan seutuhnya.

"Pengawalannya saja yang kurang maksimal. Karena beranda itu kan bukan untuk tahanan, tapi untuk keluarga yang hendak membesuk atau berbi ara secara dekat dengan tahanan. Dan harus di garis bawahi, itu dilakukan secara bergantian. Jadi jangan salahkan infrastruktur yang ada, itu sudah sesuai dengan ketentuan," ujarnya.

Ketika ditanyai terkait permintaan renovasi peninggian pagar dari Kejaksaan Negeri Batam, Syahlan mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki anggaran untuk renovasi. Menurutnya, sel tahanan yang tersedia juga sudah sangat aman dan layak.

"Tergantung pengawalannya saja. Kalau pengawalannya lemah atau tidak ada yang menjaga, pagar di buat setinggi-tinggi apapun tetap aja bisa kabur," ujarnya.

Syahlan pun mengungkapkan bahwa pihaknya akan meminta pihak pengawal yang menjaga tahanan di PN Batam untuk lebih meningkatkan lagi kinerjanya, mau itu dalam bentuk pengawalan dan pengawasan.

"Kami akan minta pihak pengawal meningkatkan kinerja kerja mereka agar hal seperti ini tidak terulang kembali," tutupnya.

Sebelumnya, terdakwa Mastam alias Ikbal bin Samsudin kasus narkotika jenis sabu seberat 2 Kg mencoba melarikan diri dari sel tahanan Pengadilan Negeri Batam, Senin (7/1/2018). Hal ini dilakukannya ketika salah seorang pengawal tahanan akan memberikan makan siang untuk para tahanan.

Melihat aksi itu, pihak pengawal yang berjaga langsung mengamankan terdakwa setelah berhasil meninggalkan selnya sebelum keluar dari pintu PN Batam. Di hari yang bersamaan pun sidang terdakwa tetap di laksanakan.

Editor: Yudha