Resmikan Kebun Raya Batam, Rudi Ajak Masyarakat Ambil Bagian dalam Pembangunan
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 22-12-2018 | 12:46 WIB
rudi-kebun-raya1.jpg
Wali Kota Batam Rudi berjoget saat peresmian Kebun Raya Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dengan menekan tombol sirine. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi didampingi Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad dan perangkat SKPD lainnya meresmikan Kebun Raya Batam yang berada di Kecamatan Nongsa, Sabtu (22/12/2108) siang.

Dalam sambutannya, Rudi meminta agar masyarakat Batam ikut mengambil peranan dalam proses pembangunan dan ikut serta menjaga Kebun Raya Batam, yang akan didapuk menjadi ikon Pariwisata Batam selain Jembatan Barelang yang telah terlebih dahulu sudah menjadi ikon dari Kota Batam.

"Untuk itu saya mengeluarkan slogan #BatamMilikKita. Kenapa saya pilih itu, karena sekarang kita ingin merubah citra Kota Batam. Saya beserta Wakil Wali Kota juga ingin merubah watak dari masyarakat Batam, dimana sekarang bisa kita lihat bahwa ego untuk kepemilikan pribadi semakin meningkat. Demi pembangunan Batam kedepan hal ini harus kita dudukan dan bicarakan kembali," ujarnya.

Rudi juga menambahkan, dengan adanya rencana pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam. Pihaknya juga mengakui bahwa watak masyarakat sudah mengalami perubahan yang signifikan, dan mendukung seluruh rencana pembangunan yang sudah mulai dilakukan sejak beberapa tahun belakangan.

"Sekarang masyarakat Batam sudah bisa bersatu, bisa kita lihat dengan pembebasan lahan untuk wacana pelebaran jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam. Yang penting semua didudukan dan diajak berdiskusi, kami juga menampung setiap masukkan dari warga," ungkapnya.

Adanya pembangunan Kebun Raya Batam sendiri, diakui merupakan tugas Pemerintah Kota Batam yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat sejak tahun 2008 lalu. Dengan adanya peresmian yang dilakukan, Rudi mengakui sangat bangga dapat menyelesaikan tugas tersebut.

"Kebun Raya Batam ini merupakan tugas yang sudah ada sejak 2008 lalu. Memang saat ini belum selesai 100 persen, dan kita harapkan 5 tahun kedepan semuanya sudah selesai. Namun saat ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat Batam yang ingin membawa keluarganya," lanjutnya.

Pihak Pemerintah Kota Batam, juga mengakui dengan adanya perubahan dunia saat ini. Rudi mengaku bahwa ingin mengubah wajah Batam, yang dulunya dikenal sebagai kawasan industri menjadi daerah tujuan Pariwisata.

"Dulu Batam memang dikenal dengan kawasan industrinya, namun banyak perubahan yang terjadi saat ini. Pemerintah Pusat juga saat ini, tengah berupaya dalam mengembangkan daerah - daerah destinasi wisata di beberapa Provinsi di Indonesia. Salah satunya Batam, dengan adanya Kebun Raya Batam ini kami juga mengharapkan kerjasama dari Asita Batam dalan menjual destinasi wisata baru ini," paparnya.

Editor: Yudha