Era Baru BPJS Ketenagakerjaan, Hadirkan Kemudahan Melalui Digital Card
Oleh : Hendra Mahyudhy
Selasa | 27-11-2018 | 15:52 WIB
digital-card-bpjs1.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Perkembangan Era digital memang tidak ada habisnya, semua hal dibuat sedemikian praktis demi kemudahan para pelanggan dan pergerakan manusia.

Demikiran juga dengan BPJS Ketenagakerjaan yang menghadirkan kemudahan bagi peserta dalam rupa kartu elektronik atau digital card. Warga tak perlu risau lagi kelak saat kartu lama mereka hilang.

Dalam hal ini, BPJS Ketenagakerjaan telah meluncurkan digital card bagi pekerja yang terdafar pada jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini semua demi menunjang kemudahan pekerja dalam merasakan manfaat jaminan sosial tenaga kerja.

Humas BPJS Ketenagakerjaan Batam, Ade mengatakan bahwa BPJS sekarang telah memiliki kartu digital. Apabila pengguna telah mendownload aplikasi BPJS TKU, jadi tidak perlu lagi mengurus kehilangan kartu fisiknya suatu saat jika kedapatan hilang.

"Tidak perlu lagi mengurus kehilangan kartu fisiknya jika hilang, karena kita sudah memiliki aplikasi kartu BPJS Digital," ujarnya.

Kartu digital card BPJS ini sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti transaksi layaknya kartu fisik yang telah ada sebelumnya.

"Ini juga berfungsi untuk pencairan dana BPJS juga," lanjutnya.

Peralihan dari kartu fisik ke digital ini sendiri menurut Ade diterapkan karena adanya banyak keluhan pengguna kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kehilangan.

"Sehingga kita buat kartu ini, dan fungsinya juga sama dengan kartu fisik lainnya," papar Ade.

Poses aktivasi kartunya cukup cepat, untuk mendapatkan kartunya juga mudah karena akan langsung dikirimkan melalui email peserta setelah terdaftar dan tidak perlu repot ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan lagi.

Editor: Yudha