Napi Narkoba Penghuni Terbanyak Lapas Barelang
Oleh : Hendra Mahyudhy
Selasa | 27-11-2018 | 11:52 WIB
kalapas-batam.JPG
Kalapas Klas IIA Barelang Batam, Surianto. (Foto: Hendra Mahyudy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dari total 1.298 narapidana yang menghuni Lapas Kelas IIA Barelang Batam, mayoritas diisi oleh tahanan kasus narkotika.

Demikian ungkap Kalapas Klas IIA Barelang Batam, Surianto, Selasa (27/11/2018). "Tahanan kasus narkotika paling mendominasi saat ini. Tingkat kasusnya juga cukup tinggi di Batam, ini juga dikarenakan PP-99 yang membuat tahanan narkotika sulit mendapatkan remisi," ujarnya.

Surianto menjelaskan, bahwa narapidana kasus narkotika di Lapas Barelang terdiri dari range umur 25 tahun sampai dengan 60 tahun. "Ini bukti peredaran narkoba tidak memandang usia lagi," paparnya.

Surianto juga mengatakan, saat ini jumlah napi terpidana hukuman mati yang ada di lapas Barelang berjumlah 8 orang dan 12 orang lainnya napi seumur hidup.

"Di Lapas kita juga terdapat 8 orang terpidana mati dan 12 orang lainnya hukuman seumur hidup," jelasnya.

Surianto juga melanjutkan bawah saat ini kondisi Lapas kelas IIA Barelang sudah over kapasitas dan ini juga ikut berimbas pada pengeluaran tak terduga lapas.

"Jumlah tahanan yang ada sudah melebihi kapasitas, dan biaya tak terduga kita juga otomatis akan bertambah baik listrik maupun air," pungkasnya.

Editor: Dardani