Cuaca Batam Ekstrim, Banyak Pohon Tumbang di Jalanan
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 22-11-2018 | 08:16 WIB
pohon-tumbang11.jpg
Pohon bertumbangan di jalanan di Batam akibat hujan deras (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras dan disertai angin kencang yang melanda Kota Batam, Rabu (21/11/2018) mengakibatkan banyaknya pohon umbang dan menghambat akses jalan.

Beberapa pohon yang tumbang, yakni di lampu merah Simpang Lubukbaja, dari arah Simpang Rujak menuju fly over dan di jalur lambat Jalan Sudirman, dekat Sukajadi.

Untungnya, Polresta Barelang dalam cepat tanggap dan langsung menurunkan anggota untuk mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang ke jalan.

"Kami memang sudah mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. Sebab, kejadian ini sudah sering terjadi saat hujan deras dan angin kencang. Dari informasi didapat, kemungkinan pohon itu tumbang sejak subuh," ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati, Rabu sore.

Tumbangnya pohon tersebut, sangat berdampak pada kelancaran lalu lintas. Inisiatif menurunkan personil itu, dikarenakan khawatir kemacetan akan bertambah parah jika menunggu petugas terkait datang untuk melakukan evakuasi.

Apalagi, kejadian pada pagi hari, saat aktivitas di jalanan padat karena masyarakat ingin pergi bekerja. Sehingga jangan sampai hal ini berdampak pada masyarakat.

"Kita memang menstandby-kan dua unit mesin senso. Untuk memotong, kami berkoordinasi dengan Satsabhara. Sementara anggota Lantas langsung berupaya mengatur lalu lintas," tambahnya.

Proses pemotongan kayu, tidak memakan waktu lama, karena pihaknya menerjunkan anggota sebanyak 25 personil.

"Begitu mendapat informasi ada pohon tumbang, anggota langsung ke lokasi. Prosesnya hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Sekitar pukul 08.00 WIB aktivitas di jalan kembali normal," jelas Putu.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agat bisa berhati-hati dalam berkendara. Apalagi saat ini kondisi cuaca di Batam todak bagus. "Mari tingkatkan kewaspadaan dalam berkendara. Situasi hujan seperti ini banyak menimbulkan kecelakaan jiga kita berhati-hati," pungkasnya.

Editor: Surya