Mahasiswa Unrika Batam Olah Bidara Laut Jadi Makanan dan Minuman Sehat
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 22-11-2018 | 11:52 WIB
unrika-bakau.png
Tanaman bidara laut yang diolah mahasiswa Unrika Batam jadi makanan dan minuman sehat. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam terus berupaya mewujudkan tridharma perguruan tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. Kali ini melakukan Inovasi pembuatan aneka minuman dan penganan berbahan baku bidara laut dan tanaman mangrove yang populer disebut 'pohon bakau'.

"Belum banyak masyarakat mengenal bidara laut," ujar dosen Unrika Batam yang juga Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemenristek Dikti, Ramses,S.Pi.,M.Si kepada BATAMTODAY.COM, saat mendampingi mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut.

Dipilihnya bidara laut karena diyakini belum banyak masyarakat mengetahui, bahwa bidara laut dapat dijadikan sebagai minuman dan makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Pohon ini banyak tumbuh di pantai setelah vegetasi mangrove. Keunikannya, tanaman bidara laut dapat ditanam meskipun tidak mengandung air laut.

Artinya tanaman yang tidak diperanguhi air lau. Buahnya yang muda berwarna hijau, namun berubah menjadi kuning setelah masak. Klasifikasi ilmiah ilmiah Kingdom: Plantae; Phylum: Tracheophyta; Class: Magnoliopsida; Order: Santalales; Family : Ximeniaceae; Genus: Ximenia Plum. ex L.; Species : Ximenia americana L.; Synonym : Ziziphus littorea Teijsm. Di Indonesia Ximenia americana, dikenal dengan nama Bidara laut, Bidara, Bidaro, yang dinyatakan sebagai vegetasi pantai. Masyarakat pesisir Kota Batam menyebut tanaman ini dengan sebutan Rokam Laut.

Ramses menambahkan, inovasi pembuatan sirup dan minuman turunannya berbahan baku buah Bidara Laut memiliki nilai ekonomi dan marketable karena buah bidara memiliki rasa, aroma yang khas. "Selain itu tanaman bidara memiliki khasiat kesehatan yang menjadikan nilai keunggulan tersendiri yang mampu bersaing dengan produk sirup buah yang lain," paparnya.

Pengolahan buah Bidara Laut menjadi aneka minuman belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini merupakan inovasi dalam pemanfaatan sumberbaya yang belum dilakukan oleh masarakat sebelumnya. Selanjutnya dikatakan Ramses bahwa Kami adalah yang pertama dalam mengembangkan inovasi pengolahan buah Bidara Laut menjadi berbagai jenis minuman dan panganan.

Dijelaskan Ramses, Bidara Laut tumbuh tidak pada semua wilayah pesisir pantai dan oleh karenanya pengembangan produk olahan minuman dan panganan dari Bidara Laut dapat menjadi icon Kuliner, Kota Batam dan mendukung serta sejalan dengan geliat kota Batam sebagai Kota Wisata. "Ini juga mampu menjaga ketahanan pangan," lanjut Ramses yang dikenal giat melakukan penelitian bersama mahasiswa Unrika Batam itu.

Editor: Dardani