Singapura dan Malaysia Penyumbang Wisman Terbanyak di Kepri
Oleh : CR1
Sabtu | 17-11-2018 | 14:40 WIB
wisman-singapura11.jpg
Wisatawan Singapura di Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kepulauan Riau pada periode Oktober 2018 mencapai angka 1,8 juta orang.

Dari jumlah total tersebut Kepala Dinas Pariswisata (Dispar) Kepri, Buralimar mengatakan bahwa negara yang menyumbang wisman terbanyak adalah Malaysia dan Singapure.

Hal ini sejalan dengan kebijakan terbaru Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, yang menetapkan program Border Tourism. Di mana ini merupakan cara untuk meningkatkan atau mengejar target pertumbuhan wisatawan mancanegara melalui kawasan-kawasan border (negeri tetangga).

"Untuk wisman tertinggi di Kepri itu dari Malaysia dan Singapura, karena mereka juga negara terdekat dari Batam. Dan untuk jumlah tertingi ke-3 itu wisman dari China," ujar Buralimar, Sabtu (17/11/2018).

Lanjutnya, untuk wisman China sendiri saat ini telah mencapai angka 7%, Malaysia 12%, sedangkan Singapura 45%.

"Mungkin kedepannya China bisa mejadi yang kedua dalam penyumbang wisman terbanyak," harapnya.

Saat ditanyakan mengenai program elektronifikasi pembayaran yang dianjurkan BI (Bank Indonesia) per-awal Januari tahun 2019 nanti, Buralimar mengatakan bahwa kepala perwakilan BI telah menyampaikan bahwa secara internal akan mereka garap untuk pembuatan satu kartu yang akan di namai Tourism Card.

"Jadi pembayaran untuk wisatawan baik mancanegara maupun lokal nanti itu akan menjadi non tunai lagi," tutupnya.

Editor: Yudha