Tiga Kali Rusak Pipa ATB

BP Batam Layangkan Surat Peringatan Keras ke Kontraktor Proyek Pump Station Limbah
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 16-11-2018 | 15:28 WIB
pipa-bocor13.jpg
Kebocoran pipa ATB. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan surat peringatan keras kepada subcon, maincon dan konsultan yang mengerjakan pilling project pump station limbah di depan Cafe Kongkow, Batam Center. Hal tersebut dikarenakan berdampak pada kebocoran pipa distribusi ATB berdiameter 800 mm, dan berdampak pada tidak mengalirnya air ke sejumlah permukiman.

Kepala Bidang Pengelolaan Limbah BP Batam, Iyus Rusmana menjelaskan walau pekerjaan pilling project pump station limbah PT Hansol ini sendiri, termasuk bagian dari rencana pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) BP Batam di Bengkong Sadai, bekerjasama dengan pihak lainnya. Namun hal ini tidak melunturkan kewajiban pihaknya, dalam melakukan pengawasan dan memberikan peringatan apabila terjadi kesalahan.

"Kita akan kasih surat peringatan keras kepada mereka," ujarnya, Jumat (16/11/2018) siang.

Diakuinya, subcon dan maincon yang melakukan pekerjaan itu belum berkoordinasi dengan ATB. Ini akan menjadi catatan BP Batam ke depannya.

"Tapi dari informasi yang kami dapat, sekarang sedang dilakukan perbaikan. Pipa yang kena diamaternya 800 mm. Jadi memang agak lambat dan butuh waktu untuk perbaikannya," ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan, sebelumnya antara PT Hansol, ATB dan BP Batam sudah punya MoU terkait penggalian pipa. Mereka juga berkoordinasi jika akan melakukan kegiatan penggalian.

Editor: Yudha