PT Palindo Marine Luncurkan Kapal KN SAR dan Pertolongan RI
Oleh : CR1
Senin | 12-11-2018 | 15:04 WIB
kn-basarnas1.jpg
Kabasarnas (melakukan prosesi pemotongan tali awal) di temani Hermanto (Dirut PT Palindo, baju batik). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Palindo Marine sukses mengerjakan kapal KN SAR milik Basarnas dengan panjang 40 meter. Peluncuran kapal dipimpin langsung Kepala Basarnas (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi beserta jajarannya, Senin (12/11/2018).

M. Syaugi mengatakan bahwa kapal yang telah diluncurkan sesuai dengan renstra (rencana strategi) lima tahun Basarnas.

"Jadi kami telah memiliki kapal dengan total 170 unit. Baik kapal besar dan kecil," ujarnya di lokasi peluncuran Kapal KN SAR, Senin (12/11/2018).

Saat ditanyakan apakah jumlah kapal dengan total sebanyak itu telah sebanding dengan luas lautan Indonesia, M. Syaugi mengatakan bahwa jumlah itu masih kurang.

"Ini masih kurang, dengan luas lautan Indonesia yang cukup besar. 2/3 dari wilayah Indonesia ini," jelasnya.

Kendati begitu, M. Syugi merasa sangat puas dengan kerja sama yang terjalin dengan PT. Palindo Marine.

"Kapal ini adalah salah satu armada baru kita, yang pembuatannya dipesan kepada PT. Palindo. Hasilnya cukup kredibel, bagus, bermutu dan berkualitas," ucapnya lugas dan dengan wajah yang senang.

Masih Syugi, selama pembuatan kapal ini, pihaknya juga ikut serta memantau proses pengerjaan, agar kelarnya tepat waktu.

"Untuk pengerjaannya selalu kita pantau, agar kelarnya tepat waktu. Karena anggarannya di 2018 jadi harus selesai juga di 2018," ungkapnya.

Untuk penempatan kapal ini sendiri, Kabasarnas mengatakan untuk awal Kapal akan di tempatkan di Jakarta.

"Untuk awal kita tempatkan di Jakarta dulu, nanti di Jakarta akan diatur lagi penempatannya," pungkas Kabasarnas, M. Syugi.

Editor: Yudha