Tabrakan di Area U-Turn Simpang Pasar Melayu, 4 Orang Terpelanting ke Bahu Jalan
Oleh : CR-1
Selasa | 30-10-2018 | 17:28 WIB
u-turn-melayu.JPG
Inilah area sekitar U-turn depan Pasar Melayu Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kecelakaan lalu-lintas terjadi lagi, kali di jalan R Suprapto, Batuaji Batam, dekat area Simpang Pasar Melayu dan Simpang Hutatap, Selasa (30/10/2018).

Tabrakan dua unit sepeda motor ini terjadi di area U-Turn depan simpang pasar Melayu. Akibatnya, empat orang yang menunggangi sepeda motor Vega R BP 4328 ES dan Mio BP 5208 OM, terpakasa dilarikan ke rumah sakit akibat cidera serius.

Informasi yang didapat dari warga sekitar, kecelakaan ini merupakan ulah dari kesemrawutan arus lalulintas di lokasi kejadian. Banyak pengendara di lokasi U-Turn tersebut sering melawan arus.

Terutama pengendara motor yang muncul dari arah simpang Basecamp, banyak dari mereka yang nekad lawan arus di area U turn saat menuju ke simpang Hutatap atau jalan Dapur 12.

Begitu juga dengan pengendara yang dari simpang Kavling Lama, mereka kadang nekad melawan arus di depan kantor Telkom menuju simpang Hutatap untuk mempercepat jarak temlu. Hal ini terjadi karena U-turn yang akan di dilalui jika harus menuju Simpang Hutatap cukup jauh di depan perumahan Buana Raya, Sagulung. Sehingga banyak pengendara lebih memilih lawan arah melalui U-turn yang salah.

Aksi lawan arus ini tentu sangat berbahaya, karena jalur dari Mukakuning ke Simpang Basecamp trafiknya cukup cepat dan ramai apa lagi pagi dan sore saat orang berangkat dan pulang kerja.

"Di area ini memang sering terjadi kecelakaan," ujar Stephanus, warga di sekitar area kejadian.

Hal ini perburuk lagi, dengan banyaknya kendaraan yang keluar dari simpang Hutatap, sehingga kesemrawutan sering terjadi dan berujung tabrakan ataupun sedikit senggolan di area jalan.

Untuk dua sepeda motor yang tabrakan di area U-turn depan pasar melayu ini juga disebabkan oleh persoalan yang sama.

Darman (47th) pengendara sepeda motor Mio yang membocong anaknya, Vitra, hendak menyebrang melalui U-Turn dari arah pasar Melayu. Namun naas saat berada di tengah jalur U-turn tersebut, mendadak muncul sepeda motor Vega R yang dikendarai seorang pria meboncengan isterinya dari arah Simpang Basecamp.

Darman tak bisa mengelak, sebab di depannya (lokasi U Turn) trafiknya ramai, dengan antrean kendaraan yang akan putar atau berbelok arah (semrawut). Tabrakanpunctak bisa dihindari, sehingga keempat orang di atas dua sepeda motor terpental ke atas bahu jalan.

Darman dan anaknya yang masih memakai seragam SD tersebut nyaris terlindas truk, namun beruntung truk yang melaju dari simpang Basecamp itu bisa ngelak.

"Nyaris hampir kelindas bang, untung truk itu bisa ngelak," ujar Petrus, saksi mata di lokasi kejadian.

Akibat kecalakaan itu pengendara sepeda motor Vega R, yang belum diketahui identitasnya tersebut, mengalami patah kaki.

Editor: Dardani