Terbalik di Perairan Tanjung Cula, KM Lili Jaya II Dievakuasi ke Pelabuhan Sekupang
Oleh : Redaksi
Selasa | 30-10-2018 | 09:40 WIB
kapal-kelapa.jpg
KM Lili Jaya II, saat terbalik di Perairan Tanjung Cula. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - KM Lili Jaya II yang terbalik di Perairan Tanjung Cula, Batam setelah berlayar dari Tanjung Samak, Maranti, Riau, berhasil dievakuasi menuju Pelabuhan Sekupang, Batam, Senin (29/10/2018).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tiga anak buah kapal dan nakhoda berhasil diselamatkan, meski awalnya mereka menolak untuk dievakuasi.

Nakhoda dan dua awak kapal menolak dievakuasi karena menunggu kapal kargo bermuatan kelapa itu diapungkan dan dibawa ke Sekupang. "Alasannya, kapal itu mereka sewa," katanya, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Budi mengatakan, keinginan itu tentu saja mengagetkan petugas. Petugas pun tidak dapat berbuat banyak karena tidak memiliki kewenangan untuk mengevakuasi kapal.

Jarak antara lokasi kejadian dengan daratan hanya 50 Meter agar menenangkan petugas. "Awalnya, saya perintahkan kepada kru KN SAR Bhisma yang memberi pertolongan agar memberi surat pernyataan kepada awak dan nakhoda kapal yang tidak mau dievakuasi, karena waktu semakin sore," katanya.

Sekitar pukul 17.00 WIB KM Lili Jaya II berhasil ditarik oleh kapal kargo. Kapal itu kemudian mengapung dan dibawa ke Sekupang, Batam.

Editor: Gokli