43 Orang Pelamar CPNS Pemko Batam 2018 Lulus Tes CAT di Hari Keempat
Oleh : CR-2
Senin | 29-10-2018 | 18:40 WIB
cat-cpns-batam.jpg
Pelamar CPNS Pemko Batam 2018 melihat hasil ujian yang tertera di monitor. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki hari keempat tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ratusan peserta memadati Gedung Bersama Pemko Batam. Ujian yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut dibagi menjadi lima sesi setiap harinya hingga Sabtu (17/11/2018).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Muhammad Syahir mengatakan, berkaca pada tes CPNS tahun 2013 lalu, maka pihaknya membagi dua tim panitia untuk pendaftaran di lantai dasar sebelum akhirnya peserta mengikuti ujian di lantai 5.

"Hal itu dilakukan guna menghindari penumpukkan peserta di lantai satu. Alhamdulillah dengan begitu sejauh ini tes CPNS sekarang berjalan lancar," kata Muhammad Syahir di Gedung Bersama Pemko Batam, Senin (29/10/2018).

Syahir mengatakan, dalam empat hari tes CPNS kali ini, sebanyak 43 orang dari total 650 peserta telah dinyatakan lulus, bahkan pada hari pertama, hasil ujian telah menyatakan empat peserta lulus tes.

"Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus itu langsung keluar setelah mereka menyelesaikan materi yang diujikan, selain itu karena menggunakan sistem skor, maka hasilnya pun langsung bisa dilihat di layar komputer masing-masing peserta," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, banyaknya peserta yang tak lulus lantaran mereka merasa soal-soal yang diujikan terlalu berat. Padahal menurut Badan Kepegawaian Negara soal-soal yang diujikan sudah ideal untuk lulusan sarjana dengan nilai IPK 3.

"Dalam setiap sesi ujian, terdapat 50 peserta yang akan mengikuti ujian, setiap peserta diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan soal-soal yang disediakan," tutupnya.

Editor: Gokli