Ini Para Pemenang Lomba Menulis HUT PLN Batam ke-18
Oleh : Nando Sirait
Senin | 29-10-2018 | 15:16 WIB
pemenang-lomba-tulis1.jpg
Para juara lomba menulis hari jadi Bright PLN Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati hari jadi Bright PLN Batam yang ke-18 dan Hari Listrik Nasional ke-73, bright PLN Batam gelar lomba menulis berita dengan tema 'Prestasi Nyata Terangi Kepri' khusus bagi jurnalis atau wartawan.

Perlombaan yang dimulai pada tanggal 16 Oktober hingga 24 Oktober berhasil mendapatkan 7 tulisan berita/straight news dan 18 tulisan features.

Proses perlombaan dibuka dengan technical meeting yang dibuka langsung oleh Corporate Secretary bright PLN Batam Samsul Bahri. Kemudian esok harinya para jurnalis diajak melaksanakan edutour (education tour) atau site visit untuk pengenalan proses bisnis bright PLN Batam dari pembangkitan hingga ke pelayanan pelanggan.

"Respon rekan-rekan jurnalis ternyata cukup bagus dan semangat mengikuti perlombaan menulis berita dan features. Kami dari panitia tidak menyangka tulisan mencapai total 25 tulisan yang dibagi 2 kategori tersebut, karena waktunya hanya seminggu," ujar Bukti Panggabean, Ketua Penyelenggara Lomba Menulis sekaligus Manager of Public Relations, Senin (29/10/2018) di Kantor Bright PLN Batam Center usai upacara memperingati Hari Listrik Nasional 2018.

Menurutnya, meskipun jumlah ini terhitung lebih sedikit dari lomba menulis yang pernah diselenggarakan bright PLN Batam beberapa tahun lalu, namun secara kualitas tulisan-tulisan yang terkumpul memiliki nilai yang ketat saat penjurian. Hingga pada akhirnya dipilih 4 pemenang untuk kategori berita/straight news dan 4 pemenang dari kategori features.

Proses penjurian berlangsung sangat ketat karena pemenang harus mencukupi kriteria penjurian dan seleksi administrasi panitia. Selain teknik penulisan, kesesuaian tema, penyajian tulisan serta kehadiran pada waktu site visit mempengaruhi proses penilaian.

"Kami selaku panitia yakin bahwa penilaian ini bersifat obyektif karena kami tahu juri-juri sangat berkompeten di bidangnya. Bahkan ada peserta yang harusnya mendapat nilai sangat tinggi namun ada kriteria penjurian yang tidak memenuhi akhirnya nilainya dikurangi. Kami harapkan hasilnya dapat diterima oleh semua peserta, namanya perlombaan pasti ada yang menang dan kalah," lanjutnya.

Pemenang lomba berhak menerima hadiah uang tunai, piagam penghargaan dan study tour untuk juara 1-3. Sedangkan juara harapan 1 berhak mendapat uang tunai dan piagam penghargaan. Hadiah langsung diserahkan oleh Direktur Utama bright PLN Batam Dadan Kurniadipura.

Pemenang lomba tulisan kategori straight news juara pertama Rifki Setiawan Lubis dari Batam Pos, juara dua Martua Butar-Butar dari Tanjung Pinang Pos, juara ketiga Ahmad Romadi dari Koran Sindo dan juara harapan 1 Arifin M dari Beritanusantara.com.

Kategori Features, juara pertama Sarma Haratua S dari Bisnis Indonesia, juara dua Fadhil dari Koran Sindo, juara ketiga Yashinta dari Batam Pos dan juara harapan 1 Ratna Irtatik dari Batam Pos.

Editor: Yudha