PDGI Ajak Guru Pantau Program Sikat Gigi Siswa SD Selama 21 Hari
Oleh : CR-1
Minggu | 28-10-2018 | 12:32 WIB
IMG-20181027-WA0035.jpg
Rrangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018 dan juga Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang di PDGI Kota Batam (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama rangkaian Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018 dan juga Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota Batam di SDN 010 Sagulung, Sabtu (27/10/2018) kemarin. PDGI turut memberi edukasi dan mengajak para guru untuk ikut melakukan pemantauan kegiatan 21 hari sikat gigi terhadap para peserta didik.

PDGI mengajak para guru untuk terus memantaua kegiatan sikat gigi yang dilaksanakan selama 21 hari tersebut. Hingga 17 November mendatang, setiap hari guru, wali kelas, dan dokter gigi kecil akan memantau kegiatan siswa sikat gigi pagi dan malam.

"Akan ada bukunya, jadi setiap hari siswa ditanya. Guru yang menanyakan akan menceklis, kejujuran anak murid juga diharapkan, konsepnya berdasarkan asas kejujuran. Kita berharap melalui pembiasaan ini akan terbentuk perubahan prilaku dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan kejujuran bersikap" ujar Ratih Anggraini, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Batam.

Karena sehat adalah kebutuhan, sehat ini harus jadi prilaku, ujar Ratih. Peran serta orangtua, guru, masyarakat untuk terciptanya hidup sehat dan terciptanya Indonesia sehat sangat dibutuhkan.

Didi Kusmarjadi, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam mengatakan gigi ini permasalahannya sangat kompleks. Sehingga memang dibutuhkan dokter yang spesialisasinya kesehatan gigi.

Di Batam, Didi mengatakan, bahwa gerakan sikat gigi massal ini juga ada di setiap Puskesmas.

"Artinya pemerintah juga berupaya memperhatikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut," ujarnya.

Untuk gerakan sikat gigi massal di setiap puskesmas ini kata Didi, merupakan program dari Dinas Kesehatan juga.

"Untuk sikat gigi masal di Puskemas juga merupakan program Dinas Kesehatan," jelasnya.

Selama kegiatan di SDN 010 Sagulung, Didi juga menguji dan menambah wawasan para siswa didik melalui kuis-kuis. Dan sekalian diapun menyampaikan program Walikota Batam, Muhammad Rudi yang ingin menumbuhkan rasa memiliki Batam melalui gerakan bertagar #BataMilikKita.

Editor: Surya