Zikir Bersama di Masjid Raya, Ini Lima Pernyataan Sikap Umat Muslim Kota Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 26-10-2018 | 16:52 WIB
dzikir-bersama-batam11.jpg
Dzikir bersama Forum Ukhuwah Islamiah MUI Kota Batam di Masjid Raya. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam kegiatan zikir bersama yang dilakukan umat muslim Kota Batam tergabung dalam Forum Ukhuwah Islamiah MUI di Masjid Raya menyampaikan lima pernyataan sikap.

Ketua Forum Ukhuwah Islamiyah MUI Kota Batam, KH Didi Suryadi dalam amanatnya meminta agar umat muslim tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi kerukunan antar sesama dan umat bergama.

"Saya sangat meminta kepada umat muslim Kota Batam untuk tidak mudah terprovokasi dengan kejadian-kejadian yang terjadi di daerah lain. Juntung tinggi pertsatuan dan kesatuan, NKRI harga mati," ujarnya, Jumat (26/10/2018).

Sementara pernyataan sikap yang disampaikan langsung diikuti oleh para jamaah, antara lain, menyatakan keprihatinan dan menyesalkan tindakan pembakaran bendera yang bertuliskan kalimat tauhid oleh oknum Banser NU Garut, sehingga menimbulkan kegaduhan di kalangan umat islam.

Kemudian, meminta oknum pembakar bendera meminta maaf secara terbuka kepada umat islam dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya, demi menjaga marwah martabat kemuliaan dan kewibawaan islam.

"Kami juga mengapresiasi gerak cepat kepolisian dalam menangani dan memproses kasus ini, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," tegasnya.

Selanjutnya, semua pihak diharapkan dapat menahan diri serta tidak terpancing atau terprovokasi, yang dapat memecah belah persatuan umat serta terganggunya ukhuwah islamiyah dalam rangka terbangunnya kerukunan nasional dan persatuan bangsa.

"Terakhir, kami mengimbau pimpinan ormas islam, ulama, kiyai dan ustad, untuk turun mendinginkan suasana dan membantu menciptakan kondusifitas di tengah masyarakat dalam rangka menghindari hal yang tidak diharapkan," pungkasnya.

Editor: Yudha