Pertama Kalinya Tes CPNS Kota Batam Gunakan Live Score
Oleh : CR1
Jum\'at | 26-10-2018 | 12:28 WIB
up-bkn1.jpg
Kepala UPT BKN Batam, Andri Febrian. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terlihat beberapa orang panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) duduk mengerumuni layar televisi dengan ukuran sekitaran 32 inchi di basement gedung bersama Pemerintah kota Batam, Jumat (26/10/2018)

Dengan serius mereka menatap setiap angka pada layar kaca yang terus berganti setiap menitnya. Layar itulah yang menampilkan setiap angka atau poin dari setiap soal yang dikerjakan oleh peserta tes CPNS menggunakan sistem Computer Assist Test (CAT).

"Iya, ini adalah layar live score yang akan menampilkan setiap poin atau nilai dari setiap soal yang telah dijawab oleh para peserta CPNS," ujar salah seorang panitia berperawakan tinggi dan kurus yang sedari awal memantau poin dari setiap calon pegawai.

Andri Febrian, selaku Kepala UPT BKN Batam, mengatakan bahwa layar live score point itu berfungsi menunjukkan nilai secara langsung dari para peserta tes.

"Ini yang pertama kalinya kita pakai live score selama tes CPNS di Kota Batam. Jadi para peserta Tes CPNS jika benar menjawab salah satu soal dari CAT, maka nilainya akan bertambah. Jika salah nilainya akan tetap sesuai nilai yang ada," ujar Andri, Jumat (26/10/2018).

Live score point ini merupakan bentuk kreatifitas dari pegawai BKN sendiri. Ini juga untuk transparansi demi membuat tes CPNS ini lebih terbuka.

"Layar live score point ini juga bertujuan untuk membuka ruang kepada publik supaya dapat melihat secara langsung hasil testnya. Kita ingin tidak ada lagi kecurangan dalam proses seleks dan penerimaan," tegasnya.

Masih kata Andri, dalam Computer Assist Test ini ada tiga bidang tes yang dikerjakan dan tiap bidang memiliki nilai kelulusan tersendiri.

"Peraturan Kemenpan RB nomor 37 ada 3 macam tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan(TWK) dengan 35 soal dan nilai kelulusan 75 poin, Tes Itelegensi Umum (TIU) 30 soal dengan nilai kelulusan 80 poin, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal dengan nilai kelulusan 143 poin," jelasnya.

Editor: Yudha