Nurdin Berharap Ekonomi Masyarakat Pulau Kasu, Terong dan Pecong Meningkat
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-10-2018 | 19:52 WIB
nurdin-resmikan-gardu.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun bersama jajaran direksi PLN Persero Tanjungpinang saat meresmikan gardu di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Provinsi Kepri, H Nurdin Basirun meresmikan penggunaan listrik 24 jam di Pulau Kasu, Terong dan Pecong, Kota Batam, Kamis (25/10/2018).

Dengan adanya listrik 24 jam itu, Nurdin berharap dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangkitkan ekonomi masyarakat di pulau tersebut.

"Keberadaan listrik secara penuh ini diharapkan akan meningkatakan aktivitas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di pulau ini. Karena listrik adalah salah satu sarana pendukung," kata Nurdin saat meresmikan Gardu Listrik PLTD Sub ULP Ketiga Pulau di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kamis.

Nurdin menegaskan, upaya peningkatan kesejahteraan adalah terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat, yakni kelistrikan. Untuk itu pemerintah terus bertekad untuk mencapai kesejahteraan tersebut dengan memenuhi kebutuhan dari masyarakat.

Apalagi kata Nurdin, Kepri sebagai daerah kepulauan bangkitnya perekonomian tentu berada di pulau-pulau. Dengan adanya listrik di pulau tersebut, semua aktivitas akan dapat berjalan, karna listrik bukan sekedar untuk penerangan namun juga dapat bermanfaat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Perjalanan masih panjang, slogan habis gelap terbitlah terang, maka semua pihak harus terus bekerja keras dalam mewujudkan salah satu kebutuhan pokok masyarakat ini," kata Nurdin.

Kepada masyarakat, Nurdin juga berpesan, untuk bersama-sama menjaga keberadaan perangkat kelistrikan tersebut, serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. "Jaga mesin-mesin yang ada agar listrik dapat berjalan dengan baik," pesan Nurdin.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sejumlah paket sembako dan bantuan masjid yang diberikan oleh Gubernur bersama jajaran PLN kepada masyarakat setempat.

Manager PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tanjungpinang, Fauzan melaporkan, 4 unit mesin PLTD di Pulau Kasu akan memenuhi penggunaan listrik 24 jam untuk 567 pelanggan dengan kekuatan sebesar 150 KW yang sebelumnya menyala hanya 14 jam.

"Dengan peresmian listik ini, semua pulau-pulau terdepan di Kepri akan merasakan indahnya keberadaan listrik," ujarnya.

Masyarakat Pulau Kasu, Adam mengatakan, sangat menyambut baik diresmikannya listrik 24 jam di tempatnya tersebut. Adam mengatakan, sangat senang karena akhirnya, Pulau Kasu dapat terang menderang seharian penuh.

"Kami sangat bersyukur, karena ucapan Bapak Gubernur ketika bersilaturahmi di sini beberapa bulan lalu menyatakan akan melengkapi kelistrikan dan akhirnya hari ini bapak meresmikannya secara langsung," kata Adam.

Usai meresmikan penggunaan listrik di pulau Kasu, rombongan Gubernur juga meresmikan penggunaan listik 24 jam di Pulau Terong. Di sini listrik yang sebelumnya menyala hanya 14 jam dan dengan diremsinya penggunaan listrik tersebut, maka listrik di sana akan menyala 24 jam dengan 2 unit mesin baru dengan daya puncak sebesar 60 KW untuk memenuhi 204 pelanggan.

Di Pulau Pecong, Nurdin dan rombongan juga meresmikan penggunaan listrik 24 jam dari sebelumnya, listrik di pulau tersebut hanya menyala 7 jam. Dengan 4 unit mesin baru dengan daya puncak sebesar 160 KW akan dapat memenuhi kebutuhan listrik 576 pelanggan masyarakat di pulau tersebut.

Editor: Gokli