Kodim 0316/Batam Siap Amankan Pileg dan Pilpres 2019
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 17-10-2018 | 14:16 WIB
dandim-batam-romel1.jpg
Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kodim 0316/Batam siap menjaga stabilitas keamanan dalam pesta demokasi pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019 dan menjunjung tinggi netralitas.

Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, saat dikonfirmasi di sela kegiatan silaturahmi bersama insan pers, mengatakan dalam menjaga stabilitas keamanan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan kepolisian.

"Kodim dalam pesta demokrasi ini memiliki peran memantau dari stabilitas keamanan. Kita akan koordinasi dengan Polresta Barelang. Fungsi kita di sini membantu kepolisian," ujar Romel, Rabu (17/10/2018).

Di samping itu, pihaknya juga bertanggungjawab agar kegiatan tersebut berjalan lancar. "Untuk mewujudkannya, koordinasi juga dilakukan dengan KPU dan lingkup bawah dari RT dan RW. Tujuannya, agar daerah pemilihan tetap (DPT) ini sesuai dengan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Agar pesta demokrasi berjalan lancar dan aman, TNI harus mengedepankan sikap netralitas. Salah satu upaya yang dilakukan, TNI telah mengeluarkan buku pedoman netralitas dalam mengikuti pemilu.

"Poin yang paling penting dalam buku ini tetap pada posisi netral. Ini wajib dan tidak ada alasan lagi bagi prajurit saya untuk melanggar," tegas Romel.

Ia juga meminta kepada masyarakat dan pihak dari partai untuk tidak menarik pihaknya dan bergabung ke dalam ranah mereka.

"Di sini kan kita tidak bisa memberikan kemampuan kita seperti alat perlengkapan, maupun menghadiri kegiatan partai, dan akhirnya hal itu menujukkan bahwa kita tidak netral. Ini yang harus untuk dihindari," lanjutnya.

Sementara untuk personilnya nanti jika ditemukan bersikap memihak, tindakan tegaa akan langsung dilakukan. "Kalau nanti ditemukan adanya anggota yang tidak netral, kita akan langsung mengambil tindakan tegas terhadap prajurit tersebut," pungkasnya.

Editor: Yudha