Peringati HUT TNI AL ke-73, Lanal Batam Gelar Donor Darah dan Pengobatan Massal
Oleh : Romi Candra
Kamis | 06-09-2018 | 17:52 WIB
donor-darah1.jpg
Prajurit TNI AL Batam sedang donor darah. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun ke-73 TNI Angkatan Laut Tahun 2018, mengadakan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dengan menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah dan pengobatan massal, yang dilaksanakan di Balai Kesehatan Lanal Batam, Tanjung Sengkuang, Batam, Kamis (6/9/2018).

 

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2018, bertemakan 'Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut'.

Kegiatan donor darah kali ini diikuti langsung oleh Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, dan Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny Lisa Iwan Setiawan, serta diikuti Palaksa dan Perwira Staf Lanal Batam.

Peserta lain yang berpartisipasi dalam donor darah dan pengobatan massal antara lain Pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I, serta prajurit dari Lanal Batam, Guskamla Koarmada I, Yonif 10 Mar/SBY, Kodim 0316 Batam, Yonif RK 136/TS, Polsek Batu Ampar dan Masyarakat umum

Dikatakan Iwan, terlaksananya kegiatan donor darah berkat kerjasama Lanal Batam dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI kota Batam dipimpin dr Minarni (Ka Unit Transfusi Darah PMI Cabang Batam) beserta 3 (tiga) anggota dan dengan dibantu oleh Tim Medis dari Balai Kesehatan Lanal Batam.

Danlanal, juga menyampaikan ucapan terima kasih para prajurit TNI maupun Polri di Batam serta dari instansi pemerintah maupun masyarakat yang telah bersedia hadir dan menyumbangkan darahnya dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI AL Tahun 2018 di Lanal Batam.

"Diharapkan pula semoga kegiatan-kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin oleh instansi TNI/Polri maupun instansi sipil di kota Batam," ujarnya dalam rilis, Kamis (6/92018).

Pelaksanaan kegiatan ini, juga untuk menjaga solidaritas dan sinergitas prajurit TNI dan Polri, serta dengan pemerintah daerah dan masyarakat kota Batam.

Disampaikan pula bahwa dengan kegiatan donor darah dan pengobatan massal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu masyarakat atau orang-orang yang membutuhkan darah maupun transfusi darah.

Selain itu, juga membantu ketersediaan kantong darah di unit transfusi darah PMI kota Batam. "Semoga bermanfaat pula tidak hanya bagi penerima donor namun juga bagi kesehatan pendonor itu sendiri," tambahnya.

Sedangkan pengobatan massal diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang akan melaksanakan pengobatan.

Hadir dalam kegiatan donor darah dan pengobatan massal Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) Ny. Lisa Iwan Setiawan, Palaksa dan perwira staf Lanal Batam.

Editor: Dardani