Baori Sosialisasikan Program Kerja sebagai Peradilan Olahraga Independen di Batam
Oleh : Freddy Lantang
Minggu | 02-09-2018 | 10:04 WIB
baori1.jpg
Baori mengadakan Sosialisasi Program Kerja di Hotel Best Western Premier Batam (Foto: Freddy Lantang)

BATAMTODAY. COM, Batam - Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (Baori) menyelenggarakan Sosialisasi Program Kerja di Hotel Best Western Premier Batam, Sabtu (1/9/2018).

Acara yang berlangsung sehari penuh ini dibuka secara resmi oleh, Edu Nurinda Susila dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Acara ini juga dihadiri oleh pengurus cabang olahraga, praktisi hukum, mahasiswa, KONII Jawa Timur, KONI Sumatera Barat, dan KONI Kepulauan Riau (Kepri)

Dalam sambutannya, Edu Nurinda Susila menjelaskan didalam UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sudah sangat jelas keberadaan badan arbitrase olahraga.

Dikatakanya, keberadaan Baori merupakan sebuah amana, dimana Baori sebagai mitra penyelesaian sengketa olahraga baik di KONI, maupun di multi event olahraga.

Nurinda menegaskan, Baori sebagai lembaga yang menyelesaikan sengketa olahraga, eksetensi dari Baori sangat penting dan Baori harus independen dan tidak instan.

Sementara Ketua Umum Baori, Sudirman dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi Program Kerja Baori ini perlu untuk diketahui bersama, khususnya terkait sengketa olahraga

Menurutnya, keberadaan lembaga Baori dirasakan penting, mengingat banyak permasalahan yang terkait sengketa olahraga harus diselesaikan. Sebab, hanya Badan Arbitrase Olahraga Indonesia inilah yang bisa menyelesaikan sengketa olahraga ini.

Dijelaskannya, Baori ini pertama kali dibentuk oleh anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia melalui Kongres pada 2006. Namun, dari perjalanan Baori ini ada sesuatu yang unik, dimana Baori sebagai yudikatifnya olahraga masih dibawah KONI, padahal Baori harus independen .

"Sebagai lembaga yudikatifnya olahraga, Baori harus Independen dan tidak boleh dikendalikan siapapun, Baori harus berdiri sendiri dan tidak perlu dikontrol karena Baori tempat orang mencari keadilan, khsususnya terkait sengketa olahraga. "Sudirman menegaskan.

Ditambahkan Sudirman, Baori dipilih melalui Kongres dan dari hasil Kongres inilah menetapkan kepengurusan, sehingga secara legitimasi keberadaan Baori dan kepengurusannya sudah kuat.

Editor: Surya