Operasi 'One Day One Target' BP Batam Amankan 5 Penambang Pasir Ilegal
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-08-2018 | 15:52 WIB
pasir-ilegal-bp1.jpg
Kasi Hutan dan Patroli Ditpam BP Batam, Willem Sumanto. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Operasi "One Day One Target" oleh Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan (BP) Batam, berhasil mengamankan lima orang penambang pasir ilegal di Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) Bandara Hang Nadim Batam.

Kelima orang berinisial, AK, WR, ID, CH, ran ES ini diamankan sekitar pukul 12.30 WIB. Pada saat sedang melakukan aktifitas penambangan pasir. Tidak hanya mengamankan para pekerja, petugas Ditpam BP Batam juga turut mengamankan barang bukti berupa lori bermuatan penuh pasir.

"Kelima orang ini perannya hanya sebagai pekerja. Dan tidak hanya mengamankan lori, sekop dan gerobak yang sedang mereka gunakan saat kita temukan juga kita bawa ke kantor," ujar Kasi Hutan dan Patroli Ditpam BP Batam, Willem Sumanto, Rabu (29/08/2018) sore.

Willem menambahkan, berhasilnya para petugas mengamankan para pelaku ini. Setelah petugas kembali melakukan patroli, di kawasan penambangan pasir ilegal yang sebelumnya sudah pernah dirazia oleh petugas.

"Mereka kita temukan di lokasi yang sudah sempat kita rusak, bahkan di lokasi yang sama sebelumnya kita sudah sempat mengamankan beberapa alat dan sudah diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Pemko Batam," tambahnya.

Saat ini, kelima pelaku tersebut masih dimintai keterangan oleh petugas. Sebelum nantinya akan langsung diseragkan kepada pihak Polresta Barelang. Dari pengakuan para pelaku, kelimanya terlihat kompak untuk menutupi penanggungjawab dari tambang pasir tersebut.

Willem juga melanjutkan, untuk menghindari adanya penambangan pasir ilegal di KKOP Bandara Hang Nadim. Pihaknya telah membuat beberapa pos jaga yang selalu diisi rutin oleh para petugas patroli.

"Seluruh tindakan membuka kebun, penambangan pasir, dan peternakan juga pemukiman sangat dilarang berada di KKOP. Oleh karena itu saat ini kita punya 4 pos jaga di bagian dalam, yang mana selalu dijaga oleh petugas patroli mulai dari pagi hingga malam," paparnya.

Editor: Yudha