Imigran Asing Demo di Kolekta Hotel, Tuntut Anak Boleh Sekolah
Oleh : Romi Candra
Rabu | 25-07-2018 | 17:16 WIB
imigran-asing.jpg
Para imigran asing saat menggelar aksi demo di depan Hotel Kolekta Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para imigran asing yang menetap di Hotel Kolekta Baloi Batam melakukan unjuk rasa di depan hotel. Mereka menuntut hak-hak yang seakan tidak diberikan pihak hotel.

Bahkan, sambil duduk di depan hotel, mereka juga memegang poster yang berisikan beberapa tuntutan yang disuarakan agar bisa ditanggapi.

Menurut salah seorang imigran asal Afganistan, Rohula, saat ini berbagai fasilitas justru dibatasi oleh hotel. Seperti dalam kamar, mereka tidak boleh menggunakan AC dan menyalakan telvisi.

Tidak hanya itu, ia bersama imigran lainnya berharap agar anak-anak mereka bisa mengecap pendidikan di Batam. "Dulu kami bisa menikmati berbagai macam fasilitas dari hotel. Tapi sekarang tidak boleh lagi menyalakan AC dan menonton TV. Kami juga ingin melihat anak-anak kami tumbuh besar sambil mengecap pendidikan," ujarnya, Rabu (25/8/2018).

Diakuinya, keinginan agar anak-anak bisa bersekolah juga telah disampaikan pada pihak IOM. Namun mereka justru diancam jika mendesak dan melakukan aksi akan dilaporkan pada kepolisian.

"Keinginan ini tidak diizinkan oleh IOM. Sekarang kami pasrah kalau dilaporkan ke polisi dengan aksi ini. Anak-anak kami semakin besar dan sama sekali tidak mendapat pendidikan. Tidak masalah kalau kami ditangkap, yang jelas keinginan kami terpenuhi," pungkasnya.

Editor: Dardani