Perebutan Tempat Ketiga, Inggris Dalam Bayang-bayang Kegagalan Tahun 1990
Oleh : Redaksi
Jumat | 13-07-2018 | 15:40 WIB
timnas-inggris11.jpg
Timnas Inggris.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jelang laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018, timnas Inggris berada dalam bayang-bayang kegagalan di Piala Dunia 1990.

Pencapaian The Three Lions pada edisi 28 tahun silam itu tidak jauh berbeda dengan di Rusia. Ketika itu timnas Inggris juga hanya mampu mencapai babak semifinal setelah mengalahkan Kamerun 3-2 di perempat final lewat babak tambahan waktu.

Sayang, perjalanan Inggris di Piala Dunia yang digelar di Italia tersebut harus berakhir di kaki Jerman Barat. The Three Lions kalah 3-4 melalui adu penalti usai kedua tim bermain imbang 1-1.

Peluang Inggris meraih prestasi terbaik di Piala Dunia setelah juara pada edisi 1966 terjadi saat menghadapi tuan rumah Italia dalam perebutan tempat ketiga melawan Italia.

Hanya saja dalam perebutan tempat ketiga itu timnas Inggris kembali gagal mendapatkan hasil terbaik setelah takluk 1-2 di kaki Gli Azzurri.

Momen-momen tersebut tidak jauh berbeda dengan Piala Dunia 2018. Di tahun ini Harry Kane dan kawan-kawan juga harus kandas di babak semifinal setelah kalah 1-2 dari Kroasia dalam babak tambahan waktu.

Harapan bagi Inggris untuk mengulang kejayaan di tahun 1966 sempat muncul ketika Kieran Trippier mencetak gol pada menit kelima. Tetapi, dengan pengalamannya Kroasia bisa membalikkan kedudukan menjadi 2-1 berkat gol Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Peluang tim asuhan Gareth Southgate mencapai peringkat ketiga Piala Dunia untuk kali pertama akan datang saat menghadapi Belgia di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (14/7/2018).

Kemenangan atas The Red Devils nanti akan mengubah sejarah Inggris di ajang empat tahunan ini. Namun, jika kembali menelan kekalahan, bayang-bayang kegagalan di Piala Dunia 1990 benar-benar menghantui timnas Inggris.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha