Musofa Mengaku Tak Tahu Perihal Surat Pemberitahuan Kepsek SDN 012 Tiban
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 10-07-2018 | 17:28 WIB
ppdb-tiban11.jpg
Foto surat yang beredar di media sosial. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Muhammad Musofa, Anggota Komisi I DPRD Batam mengaku tidak mengetahui perihal keluarnya surat pemberitahuan oleh Kepala Sekolah SD 012, Tiban Indah terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang menyeret-nyeret namanya.

"Saya tidak tahu kenapa pihak sekolah membuat pengumuman seperti itu. Saya selaku Penasehat Komite sama sekali tidak memiliki ide yang seperti itu," ujar Musofa saat ditemui di kediamannya, Selasa (10/7/2018) siang.

Namun Musofa tidak menyangkal adanya orangtua siswa yang mendatangi kediamannya pada Minggu (8/7/2018) lalu. Tapi kedatangan para orangtua siswa ini mendapatkan penolakan dari Musofa.

"Iya ada yang datang cuma di hari Minggu kemarin saja. Ada 3 orangtua siswa berusaha menemui saya, saya tolak karena selain saya sedang ada kegiatan khinatan massal di Batuaji. Saya juga merasa tidak sepakat dengan sistem penerimaan seperti itu," lanjutnya.

Dia menambahkan, penunjukkan dirinya sebagai Penasihat Komite SD 012 sendiri berawal dari idenya yang ingin membuat sekolah Negeri di kawasan perumahannya. Selain itu, pihaknya beserta Ketua Komite dan Kepala Sekolah juga tengah membahas mengenai pembukaan ruang kelas baru.

Menurutnya, ke 16 calon siswa tersebut merupakan calon siswa yang telah lulus seleksi dan akan menempati ruang kelas baru nantinya. Musofa juga membenarkan bahwa dia sendiri telah meminta penjelasan, kepada Kepala Sekolah.

"Saya sudah marah kepada dia (Kepala Sekolah), tapi saya tau kondisinya sedang sakit. Kemarin saja cuci darah, makanya saya juga agak takut nanti beliau kenapa-kenapa. Dari penjelasan kepala sekolah, ia hanya meminta agar para orang tua siswa sekedar meminta saran terkait pengajuan ruang kelas baru," paparnya.

Musofa juga menolak adanya anggapan, bahwa surat pemberitahuan tersebut sarat akan politik terkait dirinya yang akan maju pada pemilihan anggota legislatif untuk Provinsi Kepri mendatang.

Diberitakan sebelumnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 012 di Perumahan Tiban McDermmot, Tiban Indah diduga syarat akan kecurangan.

Hal ini setelah beredarnya foto di media sosial yang menyatakan 16 peserta didik baru dinyatakan lulus bersyarat. Dalam surat yang beredar, terlihat pihak sekolah menambahkan adanya pemberitahuan agar para orang tua siswa menemui Muhammad Musofa di rumahnya pada hari, Minggu (8/7/2018) lalu.

Editor: Yudha