Konsulat Amerika Serikat Gelar Hari Kemerdekaan ke-242 di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 10-07-2018 | 11:28 WIB
hut-amrik.jpg
Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R. Donovan dan Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menyaksikan pasukan pembawa bendera Amerika Serikat. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R. Donovan menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Amerika Serikat ke 242 yang diselenggarakan oleh Konsulat AS untuk Sumatera di Hotel Best Western Premier Panbil Batam, Senin (9/7/2018) pukul 20.00 WIB.

Duta Besar Donovan dalam sambutanya mengatakan, kegiatan malam ini bukan hanya untuk merayakan kemerdekaan AS yang ke-242 tetapi juga kemitraan strategis antara Amerika Serikat dengan indonesia yang berada di jantung kawasan indo-pasifik.

"Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera memilih Batam sebagai lokasi perayaan tahun ini untuk menegaskan komitmen kami di kawasan ini. Tema Partnership Across the Oceans juga dipilih karena perayaan diadakan di Kepulauan Riau yang memiliki rute pelayaran penting di kawasan Indo-Pasifik dan karena kedua negara memiliki sejarah panjang kerjasama di bidang maritim," ujarnya.

Sebagai contoh pada bulan Maret lalu Badan Keamanan Laut AS mengunjungi Batam untuk sebuah program kerjasama. Bulan berikutnya kapal kemanusiaan USNS Mercy juga berlabuh di Sumatera dalam rangka latihan gabungan Pacific Partnership, dalam misi kemanusiaan dan latihan gabungan di kawasan Indo-Pasifik.

Duta Besar Donovan menambahkan bahwa hubungan ekonomi Amerika Serikat dan lndonesia adalah komponen kemitraan strategis kedua negara. "Kami bekerja untuk meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saling menguntungkan bagi kedua negara," tambahnya.

Dalam kunjungan kali ini Duta Besar Donovan berkesempatan untuk bertemu dengan Gubernur Nurdin Basinm dan mendapatkan penjelasan mengenai recana pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau. Ia berencana untuk berbagi infomasi ini dengan perusahaan-perusahaan AS yang tertarik untuk berinvestasi di lndonesia, khususnya di Kepri.

"Saya melihat banyak sekali peluang investasi dari Amerika Serikat di berbagai sektor di sini seperti energi, teknologi dan penerbangan," jelasnya.

Donovan kali ini juga untuk berdialog dengan kalangan pengusaha untuk mempelajari kesempatan dan tantangan dalam dunia usaha di di Kepulauan Riau Selain itu beliau juga mengunjungi Cinderella from Indonesia Center (CFIC) yang memiliki program pemberdayaan bagi tahanan wanita di Batam. Tak hanya itu, ia juga telah mengunjungi studio animasi infinite Studio dan melihat kawasan Nongsa Digital Park.

Editor: Dardani