Gelar Seremoni Independen Day di Batam

Amerika Serikat Komitmen Jaga Hubungan Dagang dan Investasi dengan Indonesia
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 09-07-2018 | 19:53 WIB
dubes-nurdin1.jpg
Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr saat berbincang dengan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun pada Seremoni Independen Day di Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengatakan, kendati negaranya melakukan perang dagang dengan China, tetapi Amerika Serikat tetap berkomitment melakukan hubunugan dagang dan investasi dengan Indoensia.

"Pemerintah Amerika Sarikat tetap komitmen untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi di Indonesia," kata Joseph R Donovan Jr ketika bertemu dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirunm, usai melaksanakan Seremoni Hari Kemerdekaan Amerika di Batam, Senin(9/7/2018).

Soal investasi yang belum banyak, Joseph mengatakan akan menyampaikannya ke perusahaan-perusahaan AS. Karena dia tahu banyak perusahaan yang tertarik meningkatkan bisnis di Indonesia termasuk di Kepri.

Dubes Joseph juga mengatakan, baru bertemu dengan sejumlah perusahaan AS di Batam dan mereka menyampaikan sejumlah peruahaan AS yang ada di Batam juga banyak mempekerjakan masyarakat lokal di perusahan tersebut.

Dalam perbincangan itu, kepada Nurdin, Joseph mengatakan, salah satu produk yang penting adalah seafood. Amerika sangat tertarik, apalagi ketersediaan yang berkelanjutan terjamin. Malah Joseph menanyakan soal budidaya perikanan di kawasan Kepri.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menawarkan dan meminta agar investor AS memperbanyak investasi di Kepri, baik di Batam, Bintan, Karimun, Natuna atau Anambas.

Dalam perbincangkan peluang-peluang investasi di wilayah Kepri, Gubernur Nurdin juga mengatakan, jika sampai saat ini, investasi AS di Kepri belum terlalu banyak. Dan kepada Dubes Joseph, Nurdin menawarkan investasi di berbagai bidang, seperti perusahaan teknologi, informasi, turisme, dan banyak lagi. Sektor perikanan mendapat porsi lebih dalam perbincangan tersebut.

Menurut Nurdin, keamanan berinvestasi di Kepri memiliki kepastian hukum dan sumber daya manusia asebagai tenaga kerja juga banyak.

Nurdin menjelaskan, luas Kepri 96 persennya terdiri dari lautan. Perikanan tangkap dilakukan banyak nelayan. Tetapi untuk budidaya, kondisi perairan Kepri sangat mendukung.

Nurdin yakin pengusahaan AS bisa berinvestasi untuk itu. Malah bisa memasok untuk AS juga.

Joseph melihat investasi untuk industri perfilman menunjukkan perkembangan yang baik. Dianyakin industri ini akan tumbuh di Kepri. Apalagi sebelumnya dia sempat berkunjung ke Infinite Studio di Nongsa Batam.

Ini merupakan kunjungan perdana Dubes AS ke Kepri. Dia mengaku sangat tertarik dengan provinsi ini. Tertarik mempelajari Kepri, terlebih untuk scuba dive.

Saat ini, memang sedang dilakukan pertukaran antar masyarakat. Joseph juga sudah menemui sejumlah warga Kepri yang pernah mengikuti pertukaran itu. Mereka merupakan duta yang akan meningkatkan hubungan kedua negara.

Gubernur Nurdin juga menawarkan Dubes Joseph untuk berkunjung ke Pulau Bintan, dan Tanjungpinang, ibukota Kepri.

Di Bintan banyak lokasi yang bagus untuk pariwisata. Ada juga kawasan ekonomi khusus. Nurdin yakin, pas melihat Bintan, akan banyak muncul ide baru dan bisa disampaikan ke perusahaan perusahaan Amerika.

"Kunjungan selanjutnya saya akan ke Bintan," kata Dubes Joseph.

Joseph mengaku senang bahwa kali ini pihaknya bisa menyelenggarakan Independent Day Celebretion di Batam. Ini adalah untuk pertama kalinya resepsi kemerdekaan tersebu digelar di Batam dengan acara seperti ini, kata Joseph, akan menarik banyak investasi ke Batam.

"Terima kasih dibuat acara di Kepri. Mudah-mudahan acara ini semakin mendekatkan pengusaha AS dengan Kepri, sehingga mereka semakin tertarik untuk investasi di sini," kata Nurdin.

Editor: Gokli