Perpamsi Tunjuk PT ATB Batam Jadi Tuan Rumah Water Forum 2018
Oleh : Nando Sirait
Senin | 09-07-2018 | 13:42 WIB
indo-water-forum1.jpg
Indonesia Water Forum 2018. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) ditunjuk menjadi tuan rumah Waste Forum 2018 untuk ketiga kalinya diadakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Kegiatan yang diadakan di Aston Hotel and Convebtion Center, Batam selama tiga hari, sejak, Senin (9/9/2018) menyedot kepesertaan sebanyak 400 orang dari seluruh Perpamsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Perpamsi, Erlan Hidayat memuji pengelolaan air minum di Batam yang dikerjakan PT Adhya Tirta Batam (ATB).

Kondisi ini berbeda dengan daerah lain yang kerap kali 'ramai', jika dikerjakan swasta. Lebih lanjut, Erlan mengatakan, melihat antusiasme peserta yang cukup besar mengikuti kegiatan, itu menjadi bukti menarik jika berbicara terkait kerjasama di bidang air. Iapun menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada BP Batam, Pemko Batam dan ATB.

"Banyak yang ingin kerjasama, tinggal dicari bentuk kerjasama airnya seperti apa, tapi tak menimbulkan kerugian," ujarnya.

Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Binsar Tambunan mengatakan, lewat Indonesia Water Forum 2018 yang digelar di Batam, pihaknya sekaligus ingin berbagi gambaran, apa yang sudah didapat dari pengelolaan air di Batam.

Adapun cakupan yang teraliri air saat ini, diakuinya sudah mencapai 90an persen dari 1,25 juta penduduk Batam. Belum lagi keberadaan hutan lindung yang terbatas. Karena itu ia menilai ketersediaan air di Batam perlu mendapat perhatian ke depannya.

"Ketersediaan air dapat tekanan dari kegiatan di Batam, terkait tata ruang. Menyangkut juga pariwisata. Tapi air limbah ada di hadapan kita," kata Binsar.

Editor: Yudha