Uang Ratusan Juta Melayang

Ingin Gaet Pria Idaman, Remaja Putri di Batam Ini Ketipu Dukun Palsu
Oleh : Romi Chandra
Jumat | 29-06-2018 | 16:04 WIB
dukun-polresta1.jpg
RS (30), dukun palsu yang menipu remaja putri sedang menjalani pemeriksaan di Mapolreta Barelang. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang perempuan berisinial RS (30), terpaksa harus menikmati kehidupan di balik jeruji besi. Pasalnya, ia dilaporkan atas tuduhan penipuan terhadap seorang remaja perempuan berinisial Ls (16).

Dari data yang didapat, penipuan dilakukan RS dengan cara mengaku sebagai dukun yang bisa menjampi-jampi remaja laki-laki yang dikagumi Ls dan memoroti uang korban.

Terbongkarnya kasus ini setelah orangtua korban merasa curiga melihat chat anaknya dengan pelaku. Dalam chat itu, pelaku meminta sisa uang yang belum dibayarkan korban. Aksi ini telah dilakukan pelaku sejak tahun 2015 hingga pertengahan Juni 2018.

"Pelaku mengaku sebagai dukun dan bisa membuat remaja laki-laki yang disukai korban jatuh hati padanya. Sejak 2015 itu, mereka melakukan bermacam ritual dengan pertemuan tiga hingga empat kali seminggu. Sekali pertemuan, korban harus membayar Rp200 ribu," ungkap Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, Jumat (29/6/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, jika ditotalkan sejak pertemuan pertama hingga akhirnya terkuak, korban sudah mengeluarkan uang sekitar Rp600 juta. Bahkan, pengakuan korban pada ibunya, saat ini ia memiliki utang yang cukup banyak pada pelaku.

"Uang untuk membayar pelaku, diambil korban dari hasil penjualan buah ibunya. Itupun pelaku yang mengajari, sehingga tidak ketahuan. Pelaku ini dulunya adalah tetangga korban," jelas Andri.

Dari keterangan korban pada ibu saat dipaksa mengaku, akhirnya ibu korban mebuat laporan polisi. Kasus ini langsung ditindaklanjuti pihaknya, dan pelaku berhasil diamankan.

"Pelaku sudah kita amankan dan masih menjalani proses pemeriksaan hingga berkasnya lengkap dan bisa dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Batam," pungkas Andri.

Editor: Yudha