Paguyuban Banjar Bentuk Laskar Banjar Dalas Hangit
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 24-05-2018 | 17:28 WIB
laskar-banjar.jpg
Para anggota Laskar Banjar Dalas Hangit. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga keturanan Banjar yang tergabung dalam Paguyuban Banjar membentuk organisasi kepemudaan, Laskar Banjar. Laskar bernama Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) yang dibentuk 10 Desember 2017 lalu itu untuk mengangkat dan menjaga marwah "Kerukunan Bubuhan Banjar".

Sekjen Laskar Banjar Dalas Hangit, Tommy Saputra, SE. MM mengatakan, organisasi yang baru berdiri ini akan memberi kepercayaan besar untuk warga Banjar di Batam. "Ini adalah momentum untuk memperbesar kepercayaan diri sekaligus tantangan yang sangat berat," ujar Tommy Saputra kepada BATAMTODAY.COM.

Laskar kebanggaan Warga Banjar di Batam itu saat ini dipimpin oleh AKP (Purn) Suhami Syam, seorang mantan anggota Polri yang telah lama bertugas di Kepulauan Riau. "Dari pengalaman beliau di kepolisian, semoga para anggota Laskar berharap beliau mampu mengangkat dan menjaga marwah orang Banjar, khususnya yang ada dibatam," lanjut Tommy Saputra.

Sementara itu, Bendahara Umum Laskar, Daman Arsa Nova menambahkan, tujuan berdirinya Laskar ini untuk merekatkan kembali warga Banjar keturunan atau warga Banjar perantauan di manapun berada dalam satu wadah, untuk bersama-sama memajukan suku Banjar yang kuat, kompak dan solid," paparnya.

Masih kata Daman, ide pembentukan Laskar ini lebih kurang 6 bulan yang lalu. Spiritnya, untuk menjalin silaturrahmi dan persatuan warga Banjar di Batam.

Menyinggung tentang arti Dalas Hangit, seorang pengacara asli keturunan Banjar dan juga sebagai Dewan kehormatan Laskar, Khoirul Akbar. SH menuturkan, Dalas Hangit adalah paribasa urang Banjar yang artinya, Semangat Baja, Pantang Mundur. "Jika diartikan Laskar Banjar Dalas Hangit adalah pengawal atau prajurit suku Banjar yang memiki semangat dan tekad yang kuat, pantang mundur mengangkat dan menjaga marwah Banjar," papar Akbar.

Untuk pengurusan pertama Laskar Banjar ini, Ketua Dewan Penasehat diamanatkan kepada H. Asmadi dan sebagai Ketua Dewan Pembina, AKBP H. Rafizal Amin yang saat ini menjabat sebagai Wakapolres Anambas.

Editor: Dardani