Hari Ini, Pengurus AJO Kepri dan Tiga Kabupaten/Kota Dilantik di Batam
Oleh : Hadli
Senin | 07-05-2018 | 10:16 WIB
ajo-i.jpg
Ketum AJO Indonesia, Rival Ahmad Labbaika (tengah) bersama pengurus. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - DPP Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia akan menggelar pelantikan dan seminar di Travelodge Hotel Batam, hari ini, Senin (7/5/2018) siang.

"Ini yang pertama kali di Kepri, tetapi dalam bulan yang sama ini juga akan diadakan di daerah lain," kata Ketum AJO Indonesia, Rival Ahmad Labbaika, Minggu malam kemarin.

Pelantikan pengurus AJO di Kepri merupakan kegiatan perdana dalam organisasi jurnalis online di Indonesia. Mengusung tema 'Langkah Maju di Era Digital Tanpa Hoak'.

Selain pengurus DPP AJO Kepri juga akan dilantik DPC Kota Batam, Tanjungpinang dan Bintan.

Disampaikannya, AJO Indonesia bukan organisasi yang hanya mempersatukan media dan insan pers. Tetapi memiliki komitmen untuk mensejahterakan para pelaku atau insan pers media online.

"AJO Indonesia lebih dari sekedar mempersatukan pelaku media online, tetapi bagaimana media online sebagai bisnis mampu bersaing dan berkembang sebagai sebuah industri. Di sisi lain, tetap berpegang pada prinsip-prinsip pers yang independen dan profesional melalui pembinaan dan peningkatan mutu para insan pers yang tergabung dalam AJO Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, media online yang berkembang saat ini masih terbatas pada pemanfaatan teknologi internet dari sisi konten media. Sementara AJO Indonesia akan membuka sekaligus masuk dalam peluang yang ditawarkan teknologi internet dari sisi bisnis.

"AJO Indonesia memiliki platform dan pemikiran pengembangan industri digital berbasis digital marketing. Dalam industri digital banyak yang menjadi income. Nah, di sini AJO Indonesia ingin berbagi. Dalam seminar nanti akan disampaikan semua. Untuk itu kami membutuhkan suport media di Indonesia, khusunya Kepri," ungkapnya.

Joni Pakkun, Ketua DPD AJO Kepri menjelaskan, untuk pengurus DPC se-Kepri sebenarnya sudah terbentuk semua. Namun tinggal proses verifikasi yang belum dilakukan untuk dua DPC yakni Karimun dan Anambas.

"Dari 7 kabupaten/kota di Kepri sudah siap semua, tinggal dua yang tinggal melengkapi beberapa kelengkapan," ujarnya.

Saat ini, kata Jini Pakkun di Kepri sudah ada 67 Media Online yang bergabung dengan AJO Indonesia. Dipastikan akan ada 100 Media Online yang akan bergabung ke depan.

Sementara untuk seluruh Indonesia ada sekitar 43.300 Media Online. AJO sendiri sudah ada di 18 DPD seluruh Indonesia.

Editor: Gokli