Dengan Otoda, Kota Batam dapat Berinovasi Sejahterakan Rakyat
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 26-04-2018 | 09:28 WIB
rudi-wako-btm.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan Otonomi Daerah sangat berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

Ini disampaikan saat memperingati HUT Otonomi Daerah (Otoda) pada Rabu (25/04/2018). Di ma?na dalam pembangunan yang dijalankan, pihaknya mendapat ruang untuk berinovasi melalui anggaran yang dimiliki.
Dengan Otoda juga pihaknya kini memiliki anggaran lebih besar untuk dikelola. Sehingga memberikan ruang dalam mensejahterakan masyarakat.

"Dengan Otoda, kami sudah berinovasi dalam membangun. Dengan APBD, daerah bisa berinovasi membuat kebijakan untuk kesejahteraan rakyat," ujar Rudi.

Inovasi kebijakan diakui, tujuannya untuk membuat Batam lebih maju dan masyarakat lebih sejahtera. Di mana untuk saat ini, Pemko melakukan inovasi dalam pembangunan jalan dengan pelebaran.

"Inovasi yang kita ambil hari ini, pelebaran jalan, penyelesain sampah, banjir dan kepentingan masyarakat yang lainnya," jelasnya.

Selain itu, kebijakan dampak dari Otoda, diakui berdampak juga pada tenaga guru, hingga RT dan RW di Batam. Untuk guru, ada penambahan insentif. Baik guru umum dan guru agama. Demikian dengan RT/RW yang mendapat insentif yang terus ditingkatkan.

"Itu yang kami lakukan saat ini. Inovasi ini timbul, tidak lepas? dari PAD di era Otoda. Ujung-ujungnya, kesejahteraan meningkat," harap Rudi.

Dijelaskan tiga hal penting dalam peringatan hari Otda. Diantaranya integitas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintah daerah. Implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, diingatkan agar dikedepankan.

"Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk itu reformasi birokrasi agar terus dilakukan baik dibidang kelembagaan, peningkatan kapasitas aparatur,akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang menjadi kunci keberhasilan dalam implementasi kebijakan otonomi daerah masih perlu ditingkatkan," tegasnya.

Editor: Gokli