Serapan Anggaran Pemkab Lingga Baru 9 Persen
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 23-04-2018 | 11:04 WIB
bupati_lingga_alias_wello1.jpg
Bupati Lingga Alias Wello

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Serapan anggaran belanja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga  yang dipimpin Alias Wello selaku Bupati Lingga terhitung hingga 31 Maret pada triwulan pertama tahun 2018 ini, baru mencapai 9 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Itu pun untuk belanja tidak langsung seperti belanja gaji pegawai, sementara belanja lainnya hanya beberap saja.

"Secara keseluruhan dan persentasenya serapan anggaran kita di triwulan pertama baru 9 persen atau Rp57 milyar dari total APBD. Ini untuk belanja gaji saja dari Januari dan Februari, kalau untuk belanja kegiatan kan di bulan Maret, tapi hanya yang bersifat urgent saja. Karena kegiatan banyak jalan di bulan seperti April dan kedepannya," kata Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lingga, Muhammad Nuzur melalui Kabid Akuntansinya, Raimah saat ditemui BATAMTODAY, Senin (23/4/2018)

Meski begitu, penyerapan anggaran pemkab Lingga ini sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan pada tahun 2017 lalu. Dimana penyerapan di triwulan pertamanya hanya 7.56 persen.

Menurut Raimah minim atau lemahnya realisasi penyerapan anggaran pemkab di triwulan pertama tahun 2018 disebabkan karena terjadinya perubahan-perubahan struktur di setiap tubuh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Termasuk juga peralihan, perombakan atau mutasi pejabat yang dilakukan Bupati baru-baru ini serta diterapkan sistem transaksi secara non-tunai.

"Jadi minimnya ini karena itu tadi, mutasi salah satunya," terang Raimah.

Editor: Surya