Menu Dabu-dabu Kini Jadi Incaran Pecinta Kuliner Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Selasa | 10-04-2018 | 08:00 WIB
ayam-dabu-dabu.jpg
Daun Pisang Resto, memberikan menu spesial bagi penggemar pedas berupa nasi bakar dan ayam dabu-dabu (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Daun Pisang Resto, memberikan menu spesial bagi penggemar pedas berupa nasi bakar dan ayam dabu-dabu. Ayam Dabu-dabu khas Manado itu merupakan racikan potongan ayam dan bahan-bahan yang biasanya dibuat untuk sambal. Seperti tomat merah, tomat hijau dan cabai setan.

"Kalau khas Manado biasanya dipotong semua termasuk cabenya, tapi bisa diinovasi dengan cabai diulek kasar, jadi pedasnya lebih terasa," kata Sonny, supervisor Daun Pisang Resto, Senin (9/4/2018).

Ayam Dabu-dabu lebih dominan terasa manis dan asamnya. Jadi untuk yang gemar pedas, nasi bakar bisa dibuat pedas dengan campuran nasi, sambal, suiran daging ayam dan daun kemangi agar terasa lebih gurih. Tidak hanya dari nasi bakar, tetapi daun kemangi juga bisa membuat Ayam Dabu-dabu menjadi gurih.

Dalam satu komposisi yang pas, bahan dasarnya tentu harus baik. Penggorengan daging ayam juga harus matang secara sempurna dan agar lebih lembut ayam bisa 'digeprek' terlebih dahulu.

"Sambal dabu-dabu harus segar, karena tanpa ada penggorengan jadi langsung dimakan. Dan harus langsung dinikmati bersama nasi bakar dalam keadaan panas," ujar.

Tak hanya itu, Daun Pisang Resto juga menawarkan diskon bagi costumernya. Bagi pengguna Telkomsel yang sudah mempunyai point, point yang ditukarkan sebanyak 10 point dan Anda akan mendapatkan diskon 15 persen dengan minimal transaksi Rp200.000.

"Bagi Anda yang ingin mendapatkan potongan harga 10 persen dengan minimal transaksi Rp150 ribu, maka cukup take di facebook dan instagram Daun Pisang Resto saja. Semua promo yang diberikan Daun Pisang Resto berlaku setiap harinya," pungkasnya.

Harga menu yang ditawarkan di Daun Pisang Resto mulaidari Rp16 ribu dan Rp35 ribu. Resto ini dibuka setiap hari dari pukul 08.30 Wib - 21.00 WIB.

Untuk Informasi lebih lanjut Kunjungi Daun Pisang Resto yang beralamat di Komplek Ruko Palm Spring Blok B 2 no 3 Batamcentre.



Resep Ayam Dabu-Dabu dan Nasi Bakar

Resep Ayam Dabu-Dabu

Bahan:

150 gram daging ayam
5 buah cabai setan
1/2 buah tomat merah
1/2 buah tomat hijau
2 buah bawang merah
Kemangi secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Cara Pembuatan:

1. Goreng ayam yang dibersihkan dan sudah diungkap. Setelah matang geprek ayamnya. Sisihkan
2. Giling cabai secara kasar saja. Potong bawang merah, tomat merah, dan tomat hijau. Berikan kemangi, garam, penyedap rasa, dan perasan jeruk nipis. Aduk rata
3. Hidangkan sambal dabu-dabu di atas gorengan ayam

Resep Nasi Bakar

Bahan:

200 gram nasi putih
10 buah cabai merah
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Suiran daging ayam yang sudah digoreng
Daun pisang untuk membungkus

Cara Pembuatan:

1. Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih
2. Gabungkan menjadi satu antara nasi, sambal, dan suiran ayam goreng
3. Bentuk daun pisang menjadi kerucut. Isi nasi ke dalamnya. Baru sematkan lidi di bawahnya
4. Bakar nasi sekitar 10 menit
5. Angkat hidangkan bersama ayam dabu-dabu.

Editor: Udin