Gubernur Minta Perusahaan Tambang di Kepri Bantu Masyarakat dengan Terencana dan Termonitor
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 05-04-2018 | 19:14 WIB
nurdin-ke-penambang.jpg
Nurdin saat membuka pertemuan tentang Paparan Rencana Penyusunan Cetak Biru (Blue Print) Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral di Provinsi Kepulauan Riau, di Allium Hotel, Batam, Kamis (5/4/2018) (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bantuan dana pengembangan dan pemberdayaan masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan tambang di Kepri harus dikelola dengan baik dan harus tepat sasaran, sehingga tidak sia-sia dan berguna bagi masyarakat.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya sampaikan tolong, bantulah masyarakat," kata Nurdin saat membuka pertemuan tentang Paparan Rencana Penyusunan Cetak Biru (Blue Print) Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral di Provinsi Kepulauan Riau, di Allium Hotel, Batam, Kamis (5/4/2018).

Nurdin juga menyatakan, mendoakan agar usaha-usaha pertambangan mineral di Kepri bisa sukses dan maju, karena ikut membantu menyukseskan pembangunan. Kewajiban kepada masyarakat dalam bentuk CSR itu diminta betul oleh Nurdin dalam program yang nyata dan terencana.

Selain monitor, kata Nurdin, kegiatan yang didanai dari CSR Perusahaan, juga harus terus tepat sasaran, sehingga bermanfaat dan bantuan yang diberikan tidak asal ke luar dan tidak tepat sasaran.



Nurdin juga berpesan, perusahaan tambang mineral di Kepri harus memberi manfaat bagi warga sekitar. Jangan di kawasan pertambangan tapi rakyatnya miskin. Kalau anak sekitar tidak mampu bisa diajar, sehingga tidak ada kesenjangan yang tampak.

"Biar masyarakat sekitar menjaga," kata Nurdin.

Dengan menjaga semuanya akan menjadi baik. Apa yang dilakukan harus dititip untuk masa depan generasi penerus sehingga tidak merusak.

"Kalau kita kelola dengan baik, rakyat dapat manfaat, lingkungan tak rusak dan negara pun dapat pajak," kata Nurdin.



Pada kesempatan itu, Nurdin berkenalan dengan pimpinan perusahaan dengan mengabsen satu per satu. Nurdin bertanya soal usaha pertambangan yang dilakukan dan kondisi saat ini.

"Berniat baik untuk masyarakat, Insya Allah semuanya berjalan baik," kata Nurdin.

Editor: Udin