Pagi Ini, Ombudsman Kepri Inspeksi Proses Pelayanan di Lapas Barelang
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 20-03-2018 | 10:26 WIB
ombudsman-kepri.jpg
Tim Ombudsman Kepri saat melakukan inspeksi di Lapas Barelang, Kota Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Ombudsman Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (20/03/2018) pagi menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Barelang. Kedatangan tim ini sendiri, dipimpin langsung Plt Ombudsman Kepri, Ahmad Irham Satria yang mengantikan Kepala Ombudsman sebelumnya, Yusron Roni.

Salah satu staf dari Ombudsman Kepri menjelaskan, kedatangan pihaknya ke Lapas Barelang hanya untuk melihat bagaimana pelayanan yang diberikan pihak Lapas terhadap masyarakat Kota Batam. "Yang pertama kita lihat itu seperti pelayanan mereka terhadap para pengunjung," ujarnya.

Kedatangan tim ini sendiri ditemui langsung Kasi Bimbingan Napi dan Anak Didik, Junaidi. "Tidak hanya itu, kami juga ingin melihat bagaimana kelengkapan dari Lapas ini apakah sudah sesuai SOP yang berlaku," lanjutnya.

Kesigapan para petugas di bagian pemeriksaan pengunjung, dan pemeriksaan melalui mesin X-ray juga menjadi salah satu poin penting yang akan dicek oleh tim tersebut. Kemudian, tim akan mengecek kelengkapan dari unit pelayanan kesehatan yang ada di Lapas Barelang.

"Para narapidana yang ada di dalam ini juga memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, ini juga nanti menjadi prioritas kami," jelasnya.

Saat ini pihak dari Ombudsman sendiri masih menunggu kedatangan dari Kepala Lapas Barelang, yang tengah dalam perjalanan.

Editor: Gokli