Nurdin Dukung Penerapan GESA Tertib Administrasi Kependudukan di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 09-02-2018 | 18:38 WIB
mendagri-bersalaman.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun dan Mendagri Tjahyo Kumolo dalam acara Rakornas I Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Hotel Harmoni One, Batam, Kamis (8/2/2018) (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, menegaskan, pihaknya sangat mendukung program nasional Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) dalam upaya tertib data kependudukan. Dengan GISA semua akan punya data valid terhadap satu penduduk Indonesia, satu data administrasi kependudukan.

"Kita ingin Kepri khsususya dan Indonesia umumnya setiap masyarakatnya tertib. Mereka semua punya data kependudukan, terdata dengan baik. Dengan demikian, ini akan memudahkan kita dalam rangka menjalankan tugas membangun daerah dan bangsa ini," kata Nurdin saat pembukaan Rakornas I Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Hotel Harmoni One, Batam, Kamis (8/2/2018).

Rakornas ini mengusung tema "Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Menuju Sukses Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019".

Nurdin menambahkan, Kepri yang merupakan miniatur Indonesia sangat merasakan manfaat dari kebijakan tersebut. Karena kebijakan ini membuat jadi tahu masyarakatnya, asal usulnya, pekerjaan, daerah tempat tinggalnya hingga status. Itu semua sangat memudahkan dalam menentukan langkah membangun Kepri.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukam), Kemendagri dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kemendagri dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo) serta Kemendagri dengan Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Editor: Udin