Dihantam Angin, Tugbout Hongkin dan Tongkang Bintan 1 Karam di Pelabuhan CPO Kabil
Oleh : Hadli
Senin | 05-02-2018 | 18:02 WIB
syahbandar-kabil.jpg
Kepala Syahbandar Pelabuhan CPO Kabil Mesdi di lokasi kedua kapal terdampar dan karam, Senin (5/2/2018). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Angin kencang dan ombak yang tinggi terjadi pada Minggu, (4/2/2018) mengakibatkan dua unit kapal tabrakan. Akibatnya, Tugbout Hongkin dan Tongkang Bintan 1 karam di pinggir pelabuhan CPO Kabil.

"Hari minggu itu, tongkang barubtiba setelah ditarik tugbout dari Pelabuhan Binti Bintan pukul 17.00 wib. Kedua kapal hengkers (berlabuh) tepatnya berada di 200 buil hijau depan CPO Kabil," kata Kepala Syahbandar Pelabuhan CPO Kabil Mesdi di lokasi kedua kapal terdampar dan karam, Senin (5/2/2018).

Ia mengatakan, Tongkang Bintan 1 bermuatan 23,30 ton corel (batu geranit) beserta Tugbout hendak pindah dari lokasi parkir ke belakang pulau uban karena pada pukul 20.00 wib cuaca mengalami perubahan.

Angin kencang demgan tinggi ombak memutuskan tali jangkar tongkang, sehingga kedua kapal yang masih terikat satu sama lain mengalami lilitan hingga terjadi benturan fatal.

"Jam 20.00 larat (pindah posisi parkit) karenana cuaca buruk, ombak 2,5 meter. Saat dia angkat jangkar dia puyya rantai jangkar tidak sempurna dan putus dan terjadi hanyut. Tali kapal terbelit dengan tukbout dan terjadi gesekan yngg mengakibatkan boulder tongkang mengenai takbout," ungkap dia.

Gesekan yang terjadi mengakibatkan lambung sebelah kanan takbout bocor. Kapten kapal, tambahanya belum neguasai mefan karena baru dua bulan brkerja di perusahaan tersebut. Ketika itu, kapten mencoba melepaskan tali yang sudah terlilit dengan tongkang. Namun upayanya gagal, mesin tugbout juga mengalami mati mesin.

"Tugbout dan Tongkang bersandar di JT4 CPO Kabil pada Jam 23.00 wib. Tugbout awalnya hanya karam dengan kemitingan 20 derajat tidak seperti saat ini (sudah mau tenggelam)," tuturnya.

Pantauan dilokasi, kapal tersebut tongkang bersandar miring hingg air laut menghempas tiap corel yang dibawa dari Bintan tersebut. Sementara kaoal tugbout yang sejatinya menarik kapal tongkang itu dari pelabuhan Binti Bintam karam pada posisi di depan kanan tongkang.

Editor: Dardani