Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Kepri Naik Peringkat

Nurdin Tekankan Kinerja Birokrasi di Kepri Harus Semakin Baik dan Bermanfaat Bagi Masyarakat
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-01-2018 | 19:14 WIB
berikan-penghargaan.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, menerima SAKIP Wilayah I meliputi Pulau Sumatra, Jawa Barat dan Banten di Radison Hotel Kota Batam Provinsi Kepri, Kamis (25/1/2018) dari Menpan-RB Asman Abnur (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, menekankan kinerja pemerintah daerah harus semakin baik dan berorientasi pada hasil dan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat.

"Sudah saatnya kinerja birokrasi untuk melayani bukan dilayani. Terlebih saat ini, semua harus bekerja dengan bersih dan mengedepankan akuntabilitas," kata Nurdin melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) Wilayah I meliputi Pulau Sumatra, Jawa Barat dan Banten di Radison Hotel Kota Batam Provinsi Kepri, Kamis (25/1/2018).

Dari hasil Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP), Provinsi Kepri sendiri, terus menunjukkan hasil yang baik. Tahun ini, Kepri mendapat nilai BB dengan jumlah 70,13. Rata-rata kebulatan kota di Kepri dengan nilai B dengan nilai 63,3.

Untuk kawasan ini, Kepri berada di peringkat empat di bawah Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat. Provinsi lainnya di kawasan Sumatera dam Banten semua berada di bawah peringkat Kepri.

Atas dasar itu, Nurdin juga menjelaskan, saat ini Pemerintah Provinsi Kepri telah menerapkan sistem elektronik berupa (e-budgeting) dalam menyusun dan mengelola anggaran. Melalui sistem inilah, penyusunan program kinerja dilaksanakan.

?Menurut Nurdin, penerapan sistem ini, memberikan pengaruh yang sangat besar. Karena semua penyusunan program kegiatan disusun dan bisa dilaksanakan secara transparan.

"Ini sesuai dengan semangat transparansi," kata Nurdin.

Pada kesempatan irtu, Nurdin juga menekankan pentingnya seluruh aparatur pemerintah daerah di Kepri untuk terus bekerja dengan berorientasi pada capaian sasaran yang efektif efisien dan tepat sasaran.

"Karena sejatinya, itulah yang ingin kita bangun dari budaya kinerja dilingkungan Provinsi Kepri, guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," ujarnya mengakhiri.

Editor: Udin