Guna Penguatan Penyediaan Benih Ikan di Karimun, Rafiq Kunjungi BPBL Kota Batam
Oleh : Wandy
Kamis | 25-01-2018 | 18:26 WIB
bupati-ke-batam.jpg
Kunjungan Bupati Karimun Aunur Rafiq ke BPBL Kota Batam (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq, mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) di Kota Batam, Rabu (24/1/2018) guna penguatan penyedian benih ikan air laut, sarana prasarana dan pendampingannya.

Kadis Perikanan Kabupaten Karimun, Ruffindy Alamsjah, menyampaikan Karimun masih memiliki kendala dalam penyediaan benih untuk ikan kakap dan budidaya ikan air laut lainnya.

"Karena itu kita berharap agar BPLP Batam dapat memberikan bantuan untuk menanggulangi permasalahan yang dihadapi pelaku budidaya ikan laut di Karimun," katanya Ruffindy melalui rilis.

Menangapi hal itu, Kepala BPBL, Toha Tusiadi, megatakan untuk tahun 2018 akan disediakan sebanyak 500.000 benih ikan kakap putih untuk Provinsi Kepri, untuk Kabupaten Karimun akan dialokasikan sebanyak 100.000 benih.

"Kemungkinan angka tersebut dapat bertambah apabila daerah lain tidak mengambil jatah atau alokasi untuk daerah yang dimaksud," ujarnya.



Sementara itu Bupati Karimun, Aunur Rafiq, berharap setelah benih diberikan, hendaknya ada tenaga teknis yang dapat membimbing secara bertahap, agar pengelolaan budidaya menjadi lebih optimal.

"Kepada Kepala BPBL Batam kami mengundang ke Karimun untuk dapat melihat langsung budidaya yang ada, sehingga dapat memberikan masukan," ujar Rafiq.

"Kita akan pelajari MoU yang telah berjalan antara BPBL Batam dengan kabupaten/kota, agar selanjutnya dapat terealisasi juga di Karimun," tambahnya.

Di akhir pertemuan, Rafiq menyerahkan proposal dari lima kelompok budidaya ikan laut di Karimun, yaitu: Niur Mandiri (Dusun Niur Moro), Macan Jaya Maju (Dusun Niur Moro), Sandam Jaya (Semembang Durai), Melati Jaya (Telaga Tujuh Durai) dan Sumber Rezeki (Tanjung Batu Kecil Kecamatan Buru).

Editor: Udin