Antisipasi Kemacetan

Malam Tahun Baru, Arus Lalin ke Dataran Engku Putri Batam Center Direkayasa
Oleh : CR-17
Sabtu | 30-12-2017 | 12:03 WIB
rakayasa.jpg
Denah rekayasa arus lalin menuju Dataran Engku Putri, Batam Center pada malam tahun baru. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Arus lalu lintas menuju Dataran Engku Putri, Batam Center pada malam tahun baru akan direkayasa Polisi. Sebab, di tempat itu ada sejumlah kegiatan seperti Festival Kuliner Nusantara, Car Free Night, hingga hiburan dari Band Cokelat, yang nantinya dapat mengakibatkan kemacetan.

Rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan Polisi tentunya untuk mengantisipasi kemacetan itu. Pun itu dilakukan agar kegiatan perayaan malam tahun baru dapat berjalan lancar.

Kasatlantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati menjelaskan, untuk warga nantinya akan ada penutupan sejumlah titik akses jalan menuju Dataran Engku Putri, dan juga akses jalan menuju Bundaran BP Batam.

"Pada tanggal 31 nanti, kita akan mulai melakukan penutupan akses jalan mulai berlaku dari pukul 17.00 WIB. Persiapan sendiri akan kita lakukan sejak pukul 15.00 WIB," ujarnya, Sabtu (30/12/2017).

Sejumlah titik jalan yang akan ditutup diantaranya, dari arah Ikan Daun menuju Pemko Batam. Kemudian akses jalan dari Graha Pena menuju Bundaran BP Batam, serta penutupan jalan dari Masjid Raya menuju Pemko Batam, akses jalan dari BCM Batam Center menuju BP Batam juga akan ditutup.

"Penutupan akses jalan ini sendiri akan berlangsung hingga seluruh kegiatan selesai, pada pukul 01.00 WIB dini hari di tanggal 01 Januari 2018. Penutupan akses jalan ini dilakukan karena nantinya akan ada kegiatan Car Free Night," lanjutnya.

Pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Car Free Night, agar segera memarkirkan kendaraannya di sejumlah titik parkir yang disediakan sebelum pukul 17.00 WIB.

"Ada enam titik parkir yang disediakan dan gratis. Warga bisa memarkirkan kendaraannya di parkiran BP Batam, Kantor Jasa Raharja, BPJS Kesehatan, Kantor PGN, hingga Asrama Haji," urainya.

Bagi warga yang akan parkir di titik tersebut juga diimbau, agar membawa kelengkapan surat kendaraan karena akan dilakukan pengecekan oleh petugas Satlantas yang berjaga di titik - titik parkir.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan beberapa imbauan bagi para orangtua untuk mengawasi anaknya yang masih di bawah umur.

"Dimohon bagi para orangtua jangan membiarkan anaknya untuk melakukan konvoi kendaraan, pada saat moment pergantian tahun nanti. Apabila nanti kami menemukan adanya konvoi, maka kami tidak segan akan langsung melakukan penindakan," paparnya.

Editor: Gokli