Di Penghujung Tahun 2017, Wali Kota Batam Rotasi 290 Pejabat Eselonnya
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 30-12-2017 | 08:00 WIB
Rudi-lantik-pejabat-eselon-Batam.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat melantik 290 pejabat eselon di lingkup Pemko Batam (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam melakukan perombakan pejabat dari tingkat Kepala Bidang (Kabid), Staf Ahli, Camat, Lurah, dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Pejabat yang dirotasi setingkat eselon II, III dan IV sebanyak 290. Ada pejabat yang turun jabatannya lantaran kenerjanya dinggap kurang memuaskan dan ada juga yang mengalami peningkatan jabatan.

"Saya kira itu sudah hal yang biasa perombakan seorang ASN. Pegawai dituntut bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, di aula kantor Wali Kota, Jumat (29/12/2017) malam.

Dalam pelantikan tersebut, ada pejabat yang mendapatkan jabatan baru sebagai Camat yaitu M Fairus Ramadhan Batubara yang dinobatkan sebagai Camat Batam Kota, yang sebelumnya menjabat sebagi Kabid Kebersihan Lingkungan Hidup (DLH).

Sedangkan Ridwan Afandi yang selama ini menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP Batam, ditempatkan sebagai Camat Batuaji. Dan Asraf Ali ditempatkan sebagai Camat Belakangpadang. Selain itu, Pemko Batam juga melantik 28 Lurah dan 29 Seketaris Lurah.

"Perombakan Camat dan Lurah menyambut tahun Pemilu 2019 mendatang itu karena penyelenggara Pemilihan Presiden (Pilpres) akan dibarengi dengan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg)," katanya.

Untuk itu Camat dan Lurah harus bertanggung jawap dalam tugas ke depan yang sangat berat. Mereka harus mempelajari aturan main dan tata cara dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang.

"Camat dan Lurah yang perempuan untuk sementara saya tarik dulu, menjadi staf. Karena tantangan kita ke depan sangat berat. Kalau pejabat yang sudah saya lantik hari ini tidak tercapai, taruhannya kepala daerah," ungkap Rudi.

Rudi juga berharap, Camat dan Lurah di Batam agar bisa turun langsung di tengah-tengah permasalahan masyarakat. Ia mengaku akan kecewa jika mendapatkan laporan atau informasi yang masuk jika Camat dan Lurah yang berkerja tidak sesuai aturan.

"Saya tidak mau medengar Camat dan Lurah tidur dan duduk di rumah. Saya tidak main-main. Saya akan copot jebatan dan nonjobkan. Ayo sama-sama kita turun mengembangkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Batam," pungkasnya.

Selain Camat dan Lurah, Pemko juga merombak pejabat setingkat Kabag dan Kabid sebanyak 43 orang, 29 orang Seketaris Lurah dan tujuh pegawai Sekcam.

Editor: Udin