Pembagian Rastra di Anambas Belum Tepat Sasaran
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 02-08-2017 | 18:14 WIB
beras1.jpg
Masyarakat Anambas yang sedang membeli beras sejahtera (Rastra) (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pembagian beras sejahtera (Rastra) oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepulauan Anambas belum tepat sasaran. Pasalnya, masih ada sejumlah keluarga tidak mampu yang tidak menerima beras tersebut. Bahkan penyaluran Rastra yang dilimpahkan ke pihak desa justru semakin tidak beraturan.

"Pembagian Rastra belum merata, belum semua warga yang menerima Rastra triwulan I dan II. Sementara saat ini sudah memasuki triwulan III?," ujar Tony salah satu warga Desa Rintis, Rabu (2/7/2017).

Sementara, Warga Desa Temburun mengeluhkan, penyaluran Rastra sangat tidak beraturan. Pasalnya, semua warga desa dapat membeli Rastra di Kantor Desa. Menurut warga, Pemerintah harus membuat ketegasan terkait penyaluran Rastra tersebut dan perlu dilakukan pendataan.

"Agar Rastra tepat sasaran, maka pemerintah harus bekerja. Bukan berarti dilimpahkan kepada Kepala Desa tanggung jawab selesai. Justru Pemda harus melakukan pengawasan penyaluran Rastra, dan perlu dilakukan pendataan ulang mengenai warga yang tidak mampu untuk mendapatkan Rastra," jelasnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Dinsos Kabupaten Kepulauan Anambas, Marjuki, mengakui bahwa pihaknya belum ada melakukan pendataan penerima Rastra tersebut. Pihaknya hanya menunggu laporan dari Aparatur Desa.

"Data yang ada pada kami sesuai yang diusulkan oleh Kepala Desa. Hingga saat ini kami memang belum ada melakukan pendataan, karena keterbatasan anggaran. Memang pendataan itu penting, agar Rastra tepat sasaran," kata Marjuki.

Data yang diperoleh, lanjut Marjuki, penerima Rastra yakni 3213 KK. Hal tersebut ditanggung oleh APBD Anambas dan APBN. "Dari APBD sebanyak 396.180 Kg untuk 2201 KK, sementara 182.160 Kg untuk 1012 KK. Setiap KK mendapat jatah 15 Kg dengan harga 1.600 per Kilogram,"tuturnya.

Editor: Udin