Dihadang Gelombang Tinggi, Kapal Rombongan Bupati Anambas Terpaksa Balik Arah
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 27-07-2017 | 15:26 WIB
rombongan-bupati1.gif
Rombongan Bupati Anambas saat kembali ke Pelabuhan Tarempa. (Foto: Alfreddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Rombongan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas balik kanan usai menempuh perjalanan kurang lebih 60 menit menggunakan kapal Anambas 1 menuju Kecamatan Jemaja pada Kamis (27/7/2017). Pasalnya, speed tersebut tak mampu menerobos gelombang tinggi yang mencapai 5 meter.

"Mempertimbangkan keselamatan, Pak Bupati langsung minta kapten kapal kembali ke Tarempa. Posisinya hampir mendekati Perairan Lingai," ujar Kabag Humas Pemkab Anambas, Roby Sanjaya.

Roby menguraikan, rombongan yang berada di dalam kapal tersebut berniat untuk melakukan pelantikan Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) di Kecamatan Jemaja.

"Pak Bupati, Pimpinan OPD, TNI/Polri termasuk saya ada di dalam speed itu. Pelantikan IKSB tetap berlangsung tapi tidak dihadiri bupati karena cuaca tidak mendukung dan tak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan," urainya.

Dia juga berharap agar masyarakat lebih hati-hati ketika ingin melaut. "Masyarakat kita lebih dominan berprofesi nelayan. Kalau melaut hati-hati dengan cuaca, utamakan keselamatan," harapnya.

Sementara, prakiraan BMKG Unit Tarempa, arah angin selatan dan barat daya dengan kecepatan 6 hingga 20 knot, sementara suhu tembus hingga 32,4 derajat celcius. "Lamanya panas diperkirakan 2,1 jam dan berpotensi hujan ringan. Kalau gelombang disekitar Perairan Tarempa hanya 1-1,5 meter,"ujar Salim Kepala Teknis BMKG.

"Kalau di Perairan Lingai, gelombang memang kerap tinggi. Karena disana merupakan pertemuan arus, apalagi kondisinya pasang, kalau posisi surut lumayan teduh. Gelombang tinggi di Perairan Lingai juga didukung oleh arah angin Selatan," ungkapnya.?

Editor: Yudha