Mesin Kapal MV Trans Nusantara Rusak, Penumpang dari Anambas Batal Berangkat
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 25-07-2017 | 15:02 WIB
MV-Trans-Nusantara1.gif
MV Trans Nusantara menyandar di pelabuhan Anambas. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah calon penumpang feri cepat, Mv Transnusantara rute Tarempa, Anambas - Tanjungpinang mengeluh. Pasalnya, feri tersebut tidak dapat membawa penumpang menuju Tanjungpinang diakibatkan trouble engine (kerusakan mesin).

"Saya harus berangkat untuk mengikuti rapat di Batam, sementara acaranya hari Kamis,"ujar salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Anambas, Hery Fakhrizal, Selasa (25/7/2017).

Terbatasnya akses transportasi dari dan menuju Anambas, membuat sejumlah penumpang untuk menunggu transportasi alternatif lainnya. "Karena saya harus berangkat, saya akan menumpang pesawat perusahaan," ujar Hery.

Sementara pantauan di lapangan, sejumlah calon penumpang masih berdiam diri di ruang tunggu Pelabuhan Tarempa.

Pelaksana Harian Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Tarempa, Darlis mengakui, feri MV Transnusantara mengalami trouble engine, sehingga tidak dapat diizinkan berlayar.

"Feri itu memiliki dua mesin, tetapi satu mengalami trouble dan tak memungkinkan untuk berlayar. Kalau dipaksakan boleh saja, tetapi kita memikirkan keselamatan," ujar Darlis.

Darlis juga mengaku kuatir, terjadinya trouble mesin feri akan berimbas untuk transportasi pada Kamis (27/7) mendatang. Menurutnya pemerintah daerah harus berkoordinasi dengan penyedia jasa transportasi untuk mengakomodir keberangkatan jemaah haji.

"Besok (Rabu) feri VOC Batavia akan membawa mekanik untuk memperbaiki masin MV Trans Nusantara. Tetapi kita tidak dapat memastikan, apakah dapat beroperasi atau tidak. Soalnya Kamis besok, jemaah haji juga berangkat menggunakan feri. Ini mesti dicari solusinya. Sementara MV Seven Star juga mengalami trouble engine," tegasnya.

Editor: Yudha