KPK Dikabarkan akan Turun ke Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 20-07-2017 | 20:02 WIB
KPK-oke.gif
Gedung KPK (Sumber foto: Seword.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, dalam waktu dekat direncakan akan turun ke Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kabarnya ada dua personil KPK yang turun, yakni devisi pencegahan dan pengawasan. Untuk waktunya belum ditentukan. Nanti juga akan dilakukan rapat koordinasi dengan Pemda," ujar Ody Karyadi, Inspektur Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (20/7/2017).

Ody menambahkan, KPK juga akan menyaksikan pendatanganan fakta integritas seluruh kepala desa di Kabupaten Anambas. Hal tersebut merupakan bentuk pengawasan KPK terhadap penggunaan dan pengelolaan Dana Desa (DD).

"Dalam pencegahan korupsi ada beberapa indikator yang harus diawasi KPK, yakni APBDes, penggunaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa, PTSP, optimalisasi pendapatan serta pengawasan dan pengendalian. Pada prinsipnya, ini harus dikoordinasikan. Nanti akan dirapatkan, apakah ini dikoneksikan secara online ke KPK," terangnya.

Ody juga menyinggung, Sekretaris Daerah dan Asisten akan dilibatkan dalam bentuk koordinasi dengan KPK. "Nanti Pak Sekda akan menjadi Ketua Koordinasi, sementara anggotanya terdiri dari 3 asisten dan inspektur di inspektorat," jelasnya.

Editor: Udin